Bikin Satu Mobil Ikonik Ini Butuh Waktu Tiga Hari

Melihat Perakitan New Mini Countryman, Mini Cooper
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Merek mobil asal Inggris, MINI mulai dirakit di pabrik BMW Production Network 2 PT Gaya Motor 2 di Sunter, Jakarta Utara. Model yang dirakit ada dua, yakni New MINI Cooper Countryman dan New MINI Cooper S Countryman Sports.

Terpopuler: Honda Vario Baru Resmi Meluncur, Mobil Listrik Xiaomi SU7 Biang Masalah

Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'tania mengatakan, sebelum dirakit di Indonesia, MINI diimpor utuh atau Completely Built Up dari pabriknya di Belanda.

"Di Indonesia, MINI baru ada sejak 2011. Jadi, waktunya cukup singkat, karena akhirnya di tahun 2018 dirakit secara lokal," kata Jodie di Jakarta, Senin 10 September 2018.

Bagi Sandra Dewi, Mini Cooper Jadi Mobil Paling Manusiawi dari Harvey Moeis

Sebelum dirakit di Indonesia, kata Jodie, volume penjualan mobil ikonik tersebut bisa mencapai 600 sampai 700 unit dalam satu tahun. Sehingga, dengan adanya produk rakitan lokal, bisa lebih meningkatkan penjualannya.

Mobil MINI rakitan Indonesia

Fakta Mengejutkan di Balik Mini Cooper Harvey Moeis dan Sandra Dewi yang Disita Kejagung

"Target (penjualan) kami sebanyak-banyaknya. Sudah dirakit di Indonesia, artinya sudah sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia," kata dia.

Bicara soal produksi, kata Jodie, selain Indonesia, MINI juga sudah dirakit di beberapa negara tetangga, yakni Malaysia dan Thailand.

"Untuk jumlah produksi sampai akhir tahun, New MINI Cooper Countryman 96 unit dan New MINI Cooper S Countryman Sports juga 96 unit. Untuk membuat satu kendaraan MINI itu dibutuhkan waktu tiga hari," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya