Mobil Termurah Mercedes-Benz akan Dirakit di Indonesia

New Mercedes-Benz A-Class
Sumber :
  • Mercedes-Benz

VIVA – Sebagai produsen mobil premium asal Jerman, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) bukan hanya menjual mobil dengan harga miliaran, namun ada juga yang ratusan juta.

Mercedes-Benz Punya Sejarah Unik yang Jarang Diketahui Orang

Sebut saja Mercedes-Benz New A-Class yang baru saja diluncurkan. Mobil itu tercatat sebagai mobil termurah yang dijual MBDI, dengan banderol Rp649 juta off the road.

Menariknya, mobil itu direncanakan bakal dirakit secara lokjal di Wanaherang, Bogor. Seperti yang disampaikan Deputy Director Marketing Communication PT MBDI, Hari Arifianto. Kata dia, rencana itu pasti ada. Namun hingga kini masih dilihat dahulu peminat dan jumlah volume penjualannya.

Kaget Lihat Angka Penjualan Mobil SUV Mewah Ini

“Sekitar 80 persen kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia rakitan lokal ada seri C-Class, E-Class, GLC, GLS, GLA, S-Class. Kalau ini (A-Class) masih CBU (completely built up dari Jerman). Seiring meningkatnya volume, tentu akan ada kalkulasi rakit di sini,” ujarnya di Senayan, Jakarta.

Dia mengatakan, sampai saat ini kapasitas pabrik mereka di Wanaherang masih memadai dan sudah sanggup merakit mobil Mercedes-Benz jenis apapun. Untuk seri tertinggi S-Class saja, pabrik di sana juga terbilang mampu. "Pokoknya opsi untuk A-Class dirakit lokal pasti ada, tunggu saja."

Mobil SUV Gagah Buatan Lokal Mengaspal di RI

Untuk diketahui, kapasitas produksi pabrik mencapai 6.000 unit per-tahun. Sementara saat ini masih sekitar 3.800 unit. Paling besar kontribusi produksi adalah sedan C-Class dan E-Class.

“Kami terus memperhatikan kemudahan seperti apa yang disediakan pemerintah pada pelaku otomotif. Salah satunya dengan regulasi saat ini mesin, makanya A-Class tadinya 1.600cc sekarang 1.400cc, jadi harganya masih kompetitif meski CBU,” tuturnya.

Ilustrasi kecelakaan.

Kronologi Tabrakan Transjakarta Vs Mercedes Benz di Jaksel

Akibat tabrakan Transjakarta dan Mercedes, kedua kendaraan tersebut mengalami kerusakan. Namun, tidak ada korban jiwa maupun korban luka atas kecelakaan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022