Livina Baru Sukses Salip Penjualan Mobil Jepang Ini

All New Nissan Livina
Sumber :
  • Dok. PT Nissan Motor Indonesia

VIVA – Hasil aliansi Nissan dan Mitsubishi, akhirnya menelurkan satu produk baru untuk pasar Indonesia. Nissan memanfaatkan platform Xpander untuk generasi terbaru Livina, yang resmi diluncurkan pada 19 Februari 2019.

Dalam Setahun Mobil Mitsubishi Ini Dibuat 100 Ribu Unit

Nissan memanfaatkan pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat untuk produksi Livina baru. Secara spesifikasi, kedua mobil keluarga tersebut memiliki kemiripan, mulai dari mesin sampai fitur-fiturnya. Namun, harga jualnya tetap berbeda.

Meski beraliansi, Mitsubishi dan Nissan punya strategi pasar berbeda. Livina ditawarkan dalam lima varian, dan dijual mulai dari Rp198,8 juta sampai Rp261,9 juta. Sedangkan, Xpander ada delapan varian dengan harga Rp206,1 juta sampai Rp260,9 juta.

Bos Honda Bertemu Nissan, Bahas Isu Penting

Secara penjualan, Livina ternyata tidak semoncer Xpander saat pertama kali muncul. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Low MPV Nissan dari pabrik ke diler di Maret 2019 hanya 2.435 unit.

Pada periode yang sama, penjualan Xpander mencapai 8.115 unit, menduduki peringkat kedua sebagai MPV terlaris. Toyota Avanza kembali menduduki peringkat teratas, dengan catatan angka 8.538 unit.

Nissan Ariya Nismo Unjuk Gigi di Tokyo Auto Salon

Meski berada di atas Livina, namun distribusi Daihatsu Xenia masih di bawah Xpander. Pada bulan ke-3 tahun ini, mobil tujuh penumpang itu hanya laku 3.663 unit.

Sementara itu, Honda Mobilio harus mengaku kalah dari mobil andalan Nissan tersebut. Sebab, semua varian Mobilio? pada Maret hanya dikirim ke diler sebanyak 1.558 unit. (kwo)

VIVA Otomotif: logo Nissan

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik

Nissan belum lama ini mengumumkan langkah baru dalam pengembangan baterai solid-state, dengan memamerkan jalur produksi uji coba di Pabrik Yokohama. Jalur produksi ini me

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024