Ada Banyak Model, Selaris Apa sih Penjualan Mobil Pintu Geser di RI?

Alphard bekas taksi.
Sumber :
  • Dok VIVA

VIVA – Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, saat ini ada 33 merek otomotif yang menjajakan beragam produk kendaraan bermotor di Tanah Air. Salah satunya adalah mobil yang mengaplikasikan pintu geser.

Chery Indonesia Buka Suara soal Omoda 5 Patah As Roda di Malaysia

Model pintu ini memang sedikit berbeda dari model konvensional, lantaran untuk akses penumpang belakang masuk dan keluar kabin, pintu bisa dibuka dengan cara menggesernya ke sisi samping. Sayangnya, ada anggapan bahwa masyarakat di penjuru Nusantara kurang menyukai desain kendaraan dengan model ini.

Menilisik data Gaikindo, ada sembilan produk yang mengaplikasikan model pintu geser atau sliding door. Mobil-mobil itu, mulai dari segmen angkutan niaga, sampai model kendaraan mewah.

Detik-detik Mobil Ngebut Tabrak Warung di Cempaka Putih, 7 Motor Rusak

Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandi mengatakan, Toyota menawarkan beragam produk, termasuk mobil keluarga yang menggunakan pintu geser sebagai akses masuk penumpang ke kabin. Desain mobil ini merupakan produk yang dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air.

Baca juga: Mobil Ini Bisa Cegah Kamu Kena Virus Corona, Sudah Dijual di Indonesia

Momen Luhut Naik Kendaraan Taktis, Disopiri Danjen Kopassus Dikawal Menantu

“Anggapan (konsumen Indonesia) kurang suka mobil pintu geser, perlu diklarifikasi lagi. Alphard buktinya bisa diterima dengan baik, bahkan banyak digunakan oleh segmen konsumen premium,” ujarnya saat dihubungi oleh VIVA, Selasa 3 Maret 2020.

Lantas, seberapa laris penjualan mobil dengan pintu geser tersebut? Data memperlihatkan, pengiriman unit baru dari pabrik ke diler resmi atau wholesales mobil pintu geser terbanyak berasal dari merek Daihatsu, yakni Gran Max dengan angka 1.273 unit.

Test drive New Daihatsu Luxio

Sementara Daihatsu Luxio. diketahui mencatat penjualan 145 unit pada Januari 2020. Mobil keluarga dengan pintu geser lainnya adalah Nissan Serena. Berbanderol Rp462,9 juta, wholesales mobil tersebut mencapai 49 unit di bulan pertama tahun ini.

Mobil keluarga kelas menengah Toyota Sienta pada bulan pertama tahun ini, berdasarkan data yang sama diketahui meraih wholesales 22 unit. Dari merek otomotif Korea Selatan Hyundai, ada dua produk yang ditawakan, yakni H-1 yang laku 24 unit dan Starex 18 unit.

Di segmen mobil mewah pun ada yang menggunakan pintu geser. Dua produk ini berasal dari merek Toyota, yakni Alphard yang penjulannya wholesales-nya 6 unit, serta Vellfire yang hanya 1 unit pada pembukaan tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya