Mengenal Kisah Nissan GT-R sebagai Mobil Balap di Sirkuit dan Jalanan

Nissan GT-R yang terparkir di Apartemen Regatta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yunisa Herawati

VIVA – Nama GT-R sudah dikenal masyarakat dunia sebagai mobil berperforma tinggi. Tak hanya itu, produk andalan Nissan ini selalu tampil menggoda lantaran memiliki desain yang sporty, baik dari sisi eksterior maupun interiornya.

Daftar 5 Mobil Listrik Bekas yang Harga Jualnya Tinggi

Ternyata kiprah GT-R sebagai kendaraan bertenaga, sudah ada dan dikenal dari puluhan tahun silam. Sebab, mobil ini kerap menempati posisi teratas dalam berbagai balapan touring lokal di Jepang, bahkan meraih total 52 kemenangan hanya dalam tiga tahun.

Melansir dari 100KPJ, Selasa 21 Juli 2020, pada Februari 1969, Nissan memulai debut produk ikoniknya dengan menciptakan ‘Skyline 2000GT-R. Kendaraan ini mengkombinasi teknologi-teknologi terbaiknya, dan dikenal sebagai mobil touring dengan performa tangguh yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik

Banyak sekali fitur dan teknologi balap yang disematkan dalam mobil ini, terinspirasi dari prototipe mobil balap murni Nissan (Prince) R380. Fitur tesebut antara lain, mesin DOHC empat katup dan suspensi independen pada setiap roda, yang menjadi bagian penting saat masa balapnya.

Baca juga: Kijang Innova Belum Punya Lawan yang Sepadan, Ini Buktinya

Dalam Setahun Mobil Mitsubishi Ini Dibuat 100 Ribu Unit

Produk Nissan ini meraih kemenangan pertamanya pada 3 Mei 1969, di balapan TS-b dari JAF Grand Prix 1969 di Fuji Speedway. Saat itu mobil GT-R yang ikut serta adalah model 4-pintu. Dua tahun kemudian, di All Japan Suzuka Automobile Race (Maret 1971), hardtop GT-R masuk dalam formasi.

Nissan GT-R yang dipakai di lintasan balap

Tak aneh jika pehobi otomotif lintas generasi, banyak yang mengidolakan Nissan GT-R sebagai kendaraannya. Di kalangan millenial, mobil ini kerap terlihat di beberapa seri video game yang masih berlanjut, seperti Need For Speed, serta game simulator balapan yang revolusioner Gran Turismo.

Untuk penggemar film, mobil ini kerap terlihat di berbagai judul dan franchise film yang sangat populer, termasuk Fast and Furious. Desain bodi sporty, mesin bertenega dan suaranya yang menderu, serta akselerasi lincahnya membuatnya mudah dikenali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya