Perang Saudara Kandung, Toyota Raize Lebih Laku dari Daihatsu Rocky

Toyota Raize
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle berukuran kompak menjadi salah satu jenis mobil yang sedang digandrumi di dunia. Di Indonesia segmen tersebut memanas sejak kehadiran Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Kedua mobil terbaru Toyota dan Daihatsu itu menggunakan platform serupa. Secara spesifikasi juga tidak ada perbedaan, hanya desainnya yang dibuat berbeda sesuai identitas dari masing-masing brand.

Raize dan Rocky yang dirilis pada April 2021 awalnya hanya ditawarkan mesin 1.000cc tiga silinder turbo. Namun memasuki Juni di tahun lalu kedua SUV itu dijejali mesin 1.200cc non turbo dengan harga jual lebih terjangkau.

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

Daihatsu Rocky

Photo :
  • Dok: ADM

Meski berbeda dari sektor dapur pacu, sumber penggeraknya tetap mengandalkan roda depan, dan transmiai yang serupa. Penampilan eksterior juga tidak ada beda, hanya pada bagian pelek dan beberapa aksen lainnya.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Setelah Raize dan Rocky hadir, produsen mobil asal Perancis ikut memperkenalkan Renault Kiger di Indonesia pada tahun lalu. Tapi sampai saat ini mobil tersebut belum dijual oleh PT Maxindo Renault Indonesia sebagai produsen.

Seperti diketahui, segmen tersebut sebelumnya hanya diisi Nissan Magnite, namun mobil itu dibawa utuh dari Thailand. Ditawarkan dua varian dengan mesin 1.000cc turbo bertransmisi matik CVT, dan manual.

Mengutip situs resmi masing-masing brand, harga Nissan Magnite Rp240,8 juta tipe manual, dan Ro256,3 juta matik. Sedangkan Raize memiliki 10 varian harganya Rp225,9 juta tipe 1.2 G manual, sampai Rp297,4 juta tipe 1.0T GR CVT TSS.

Rocky yang ditawarkan 11 varian dibanderol Rp200,6 juta tipe 1.2 M manual, sampai Rp265 juta tipe 1.0 R TC CVT ASA. Artinya kedua SUV buatan lokal tersebut lebih mahal untuk edisi mesin 1.000cc turbo dibandingkan Magnite.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Raize masih menjadi yang terlaris di Januari 2022, penjualan wholesales atau pabrik ke diler mencapai 1.680 unit, dan tipe GR Sport matik dua warna paling laku.

Sedangkan Rocky sebagai saudara kandungnya hanya mendistribusikan 516 unit ke jaringan diler dalam periode yang sama, di mana tipe 1.2 X CVT menjadi paling laku dengan menyumbang 384 unit.

Jika melihat fenomena tersebut nasib SUV Daihatsu itu serupa dengan pencapaian Xenia dan Avanza dari tahun ke tahun di generasi sebelumnya.

Sementara Magnite sebagai pemain lama hanya terjual 38 unit meski secara harga lebih murah dari Raize dan Rocky untuk mesin edisi turbonya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya