Mesinnya Sama Dengan Raize, Harga Volkswagen T-Cross Bikin Kaget

Volkswagen T-Cross
Sumber :

VIVA – Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle kompak sedang digandrumi di Indonesia. Sebelumnya segmen itu hanya diisi Nissan Magnite, namun persaingan semakin memanas sejak Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky hadir.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

Meski sudah cukup ketat, tidak membuat produsen lain gerah. Salah satunya PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai produsen Volkswagen di Indonesia yang resmi meluncurkan T-Cross secara virtual, Rabu 23 Februari 2022.

Volkswagen T-Cross dipersenjatai mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.000cc TSI atau turbo, yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 115 dk dan torsi 178 Nm. Disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan.

8 Mobil Baru Rp100 Jutaan per April 2024

Meski secara spesifikasi mesin serupa dengan Toyota Raize, Nissan Magnite, dan Daihatsu Rocky, namun jangan kaget dengar harga VW T-Cross. Pasalnya mobil yang dibawa utuh dari India itu banderolnya jauh lebih mahal.

“Harga VW T-Cross Rp488 juta on the road Jakarta, kami hanya menawarkan satu varian dan itu paling tertinggi yang kami bawa ke Indonesia,” ujar Head of Sales PT GMM, Ahmad Badawi secara virtual, Rabu 23 Februari 2022.

Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan, Alasan Orang Mudik Naik Mercedes-Benz

Banderol tersebut setara meminang dua unit Raize, atau Rocky tipe terendah. Meski harganya lebih mahal, namun ada saja konsumen tentunya penggemar mobil Eropa yang sudah melakukan pemesanan sebelum diluncurkan.

“Ada juga beberapa yang sudah inden sebelum launching, pokoknya kami baru akan mengirimkan unitnya ke konsumen satu bulan kemudian sejak diluncurkan hari ini,” tuturnya.

Volkswagen T-Cross

Photo :
  • Istimewa

Lebih lanjut Ahmad Badawi menjelaskan, setiap pembelian VW T-Cross sudah mendapatkan paket servis gratis selama tiga tahun yang meliputi suku cadang, dan jasa. Namun hanya berlaku bagi yang melakukan pemesanan saat ini.

“Normalnya garansi dua tahun, gratis servis dua tahun. Tapi kalau pesan sekarang ada tambahan satu tahun gratis servis,” sambungnya.

VW T-Cross dibangun menggunakan platform MQB atau serupa dengan Polo, dan Audi A1 yang terlahir sebagai hatchback. Memiliki konfigurasi lima penumpang dengan panjang mencapai 4,1 meter, lebih bongosor dari Raize-Rocky.

Dengan dimensi tersebut, SUV terbaru VW itu memiliki kapasitas bagasi belakang 385 liter, dan bisa mencapai 1.405 liter saat kursi baris kedua dilipat. Untuk menegaskan kesan mewah, mobil itu dilengkapi elektrik sunroof.

Selain itu terdapat ambient light berwarna putih, dengan memadukan dua warna berbeda antara jok, dashboard dan door trim. Sementara sistem hiburannya didukung head unit layar sentuh berukuran 10 inci yang dapat terhubung dengan smarphone.

SUV tersebut memiliki kunci pintar atau smart keyless, pengisian daya baterai gadget melalui wireless, serta panel instrument digital penuh warna alias TFT berukuran 8 inci yang memberikan berbagai informasi terkait kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya