Mobil Penantang Toyota Raize Bakal Setop Diproduksi?

Suzuki S-Cross Hybrid.
Suzuki S-Cross Hybrid.
Sumber :
  • Dok: Suzuki

VIVA  – Baru-baru ini Suzuki mengumumkan bahwa ada salah satu produk unggulannya yang bakal dihentikan produksinya di tahun ini. Produk tersebut mengacu pada Suzuki S Cross, yang merupakan segmen SUV atau Sport Utilty Vehicle di India.

Diketahui, kendaraan tersebut adalah saingan dari beberapa merek dagang lain seperti Toyota Raize, Hyundai Creta, dan Kia Seltos. Namun saat ini, S Cross akan segera dihentikan produksinya mengingat model generasi baru tersebut sudah banyak dijual di luar negeri. 

Dikutip VIVA Otomotif dari Motoroids, Jum’at 27 Mei 2022, kemungkinan model tersebut akan digantikan oleh model baru bernama Crossover YFG Maruti di India. Digadang-gadang model barunya itu akan segera diluncurkan dalam waktu dekat dan akan bersaing di ruang SUV ukuran menengah.

Tampilan Mobil Suzuki Model Baru di India

Tampilan Mobil Suzuki Model Baru di India

Photo :
  • Motoroids

Dalam spesifikasi barunya, model barunya ini akan didasarkan pada platform DNGA yang digunakan oleh mobil Toyota. Nantinya, mobil barunya tersebut akan disematkan fitur-fitur dan teknologi canggih untuk memudahkan aktivitas saat berkendara.

Secara tampilan, model barunya ini terinspirasi dari mobil Suzuki lainnya seperti S-Cross baru dan Vitara. Terlihat pada bagian depan, dengan pola sarang lebah di bumper. Adapun lampu DRL LED yang lebih ramping dari versi sebelumnya, membuatnya semakin terlihat modern.

Untuk kapnya cukup tegak yang akan membantu visibilitas saat mengemudi. Pada bagian samping menampilkan velg alloy yang tampak polos. Ditambah adanya ORVM memiliki tonjolan kecil di bagian bawah yang menegaskan keberadaan kamera 360 derajat. 

Bicara soal interior, model barunya ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti layar sentuh besar, teknologi mobil yang terhubung, kursi berventilasi, konektivitas smartphone, cruise control, dan pengisian nirkabel. Adapun fitur lainnya seperti lampu depan otomatis, dan kontrol iklim otomatis.

Untuk mesin, Crossover YFG Maruti memiliki dua pilihan yakni mesin entry-level akan menampilkan teknologi hybrid ringan sedangkan varian yang lebih mahal akan mendapatkan mesin hybrid yang kuat. Kemungkinan dua mesin tersebut, memiliki kapasitas bahan bekas sebesar 1,5 liter.

Sedikit informasi, mesin tersebut dibekali teknologi hibrida yang kuat dan akan membantu meningkatkan penghematan bahan bakar di atas 20 km/liter. Selain itu mobil ini juga miliki pilihan transmisi yang tersedia mencakup manual dan otomatis dengan paddle shifter.

Meski begitu, Suzuki masih belum menginformasikan lebih lanjut terkait harga yang ditawarkan pada model barunya ini. Para konsumen di sana mengharapkan harga dari model baru ini mirip dengan pesaingnya dan bahkan lebih murah.