Daihatsu New Sirion Kok Masih Diimpor dari Malaysia?

Daihatsu Sirion 2022
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Daihatsu New Sirion yang baru saja diluncurkan di Indonesia ternyata masih didatangkan dari Malaysia dalam wujud impor utuh atau Completely Built Up (CBU).  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membeberkan beberapa alasan mengapa Sirion tak diproduksi di Tanah Air.

Daftar Harga Daihatsu Xenia Bekas dan Pajak Tahunannya

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani, mengatakan pabrik Daihatsu di Indonesia untuk saat ini masih memproduksi dua model saja, yakni segmen penumpang dan komersial. Untuk penumpang sendiri, hanya fokus ke model MPV dan SUV saja.

"Investasi kita sama dengan investasi yang dilakukan dengan kondisi market. Di penumpang kita fokus pada MPV dan juga SUV medium. Di komersial fokus untuk memperbesar Gran Max," ujar Sri Agung di Serpong Tangerang, kemarin.

Toyota dan Daihatsu Reformasi Besar-besaran

Selain itu, dia mengungkapkan bila segmen city car hatchback yang dihuni Sirion memang sudah mengecil. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan satu dasawarsa lalu yang pasarnya masih menggiurkan.

"Tapi kalau ke depannya satu produk ini (Sirion) memang market bisa seberapa besar kita lihat dulu, karena untuk investasi sendiri kita harus mengikuti minimum volume," ujarnya.

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

Mesin Daihatsu Sirion 2022

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

New Sirion sendiri saat ini hanya akan bersaing dengan tiga mereka saja di kelasnya. Seperti diungkapkan Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso.

"Sirion ini masuknya ke dalam city car hatchback. Dulu pemainya banyak sekali tapi beberapa tahun kalau dilihat sekali tinggal beberapa brand saja termasuk Daihatsu," tuntas Hendrayadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya