Malaysia Akan Meluncurkan Mobil Baru, Kok Mirip Daihatsu Xenia?

Perodua Alza kembaran Avanza-Xenia
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA – Malaysia memiliki perbedaan dibandingkan negara lain dari sisi industri otomotif. Salah satunya terkait beberapa nama brand yang tidak sama dengan versi globalnya, seperti Daihatsu yang berganti identitas menjadi Perodua.

Terpopuler: Harga Plus Pajak Tahunan Mobil Bekas Honda Brio dan Daihatsu Xenia

Perodua merupakan perusahaan lokal hasil kerjasama dengan Daihatsu yang berdiri sejak 1993 silam. Mobil-mobil yang dipasarkan tentu memiliki desain, dan spesifikasi serupa dengan jajaran model Daihatsu.

Test drive Daihatsu All New Xenia di Jawa Tengah

Photo :
  • Dok: ADM
Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa, Sudah Ditegur tapi Ngeyel

Namun tidak ada emblem, atau logo D pada produk-produk yang diproduksi di Serendah, Selangor tersebut. Selain itu namanya juga berbeda, salah satunya jika di Indonesia lebih dikenal Sirion namun di negeri jiran, Myvi.

Sementara di kelas Low MPV, atau Multi Purpose Vehicle diberinama Perodua Alza bukan Daihatsu Xenia. Diketahui, Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang merilis All New Xenia, dan All New Avanza.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

Bukan hanya dijual untuk pasar domestik, namun Xenia generasi terbaru juga di ekspor ke beberapa negara. Sementara di Malaysia akan diproduksi langsung oleh Perodua, atau menjadi versi terbaru dari Alza.

Melansir Paultan.org, seperti dikutip Viva Otomotif, Kamis 16 Juni 2022, Perodua telah membagikan teaser produk terbarunya itu dengan kode D27A. Dari siluetnya terlihat jelas bahwa mobil tersebut mirip Xenia terbaru.

Saudara kandung Avanza itu memiliki tampilan lebih elegan. Namun jika diperhatikan lampu depan dengan pencahayaan yang sudah LED itu sekilas mirip Honda Mobilio.

Bagian gril atas, dan bawah tidak terlalu terlihat jelas diduga desainnya berbeda jika dibandingkan Xenia baru di Indonesia. Masih menurut sumber yang sama, ada beberapa desain yang dibuat agak mirip Rocky, atau Ativa.

Perodua Alza

Dilengkapi lampu kabut yang posisinya cukup tinggi, dengan cover plastik memanjang. Bodi samping siluetnya mirip mobil konsep DN Multisix, dan desain pelek alloy palang dibalut warna dual tone. 

Pada sektor belakang, lampu pengereman lebih sipit agak mirip Terios namun tidak ada reflektor memanjang seperti Avanza baru. Lantas seperti apa jantung pacunya?

Diduga mesinnya serupa dengan Avanza-Xenia, mengandalkan bensin empat silinder 2NR-VE berkapasitas 1.500cc dengan penggerak roda depan, dan transmisi matik yang sudah CVT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya