Dilarang Gunakan Lampu Hazard saat Konvoi Mobil di Jalan, Bahaya!

Ilustrasi tombol lampu hazard
Sumber :
  • Autoexpress

VIVA Otomotif – Banyak kendaraan yang salah kaprah menggunakan lampu hazard saat berada di jalan raya. Hazard sendiri harusnya dinyalakan dalam keadaan mobil diam atau emergency karena guna memperingatkan kendaraan lain.

Mau Bayar Pajak STNK Tapi Pemilik Motor Sudah Meninggal, Gini Cara Ngurusnya

Sayangnya masih ada saja yang menggunakan lampu hazard ketika sedang konvoi di jalan. Biasanya lampu hazard itu guna memberitahu pengguna jalan lain bahwa ada rombongan yang sedang melaju di jalan yang sama.

Masalahnya, seperti dilansir situs resmi Toyota Indonesia bahwa itu bukan fungsi dari lampu hazard tersebut. Lantas, apa yang membuat penggunaan lampu hazard tidak dianjurkan saat konvoi?

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

1. Hanya Untuk Berhenti Darurat

Lampu hazard atau lampu darurat yang ditandai oleh lampu sein kiri dan kanan yang berkedip bersamaan khusus dipakai saat mobil berhenti karena kondisi darurat. Hal ini diatur oleh UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 121 Ayat 1 yang menyatakan:

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

"Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di Jalan".

Yang dimaksud dengan “isyarat lain” antara lain lampu darurat dan senter, dan di mobil kamu difasilitasi oleh lampu hazard atau lampu darurat.

Sementara yang dimaksud dengan “keadaan darurat” adalah kendaraan kamu dalam keadaan mogok, kecelakaan lalu lintas, dan mengganti ban. Sehingga konvoi mobil tidak masuk dalam kategori keadaan darurat.

2. Sinarnya Silau

Kedipan lampu hazard justru membuat pengguna jalan lain jadi silau saat melihat mobil konvoi yang mengaktifkan, apalagi bila jumlah mobil peserta konvoi cukup banyak atau hujan turun.

Hal ini membuat pengguna jalan lain sulit untuk memperhitungkan posisi mobil peserta konvoi dan salah melakukan antisipasi. Seperti saat pengereman mendadak lantaran konsentrasinya terganggu kedipan lampu hazard.

Lampu hazard

Photo :

3. Bikin Bingung

Penggunaan lampu hazard saat mobil jalan menghilangkan fungsi lampu sein yang dipakai saat mobil bermanuver. Kamu sebagai peserta konvoi mobil melakukan manuver seperti pindah lajur atau belok di saat lampu hazard tetap menyala.

Kondisi ini pasti membuat bingung pengguna jalan lain yang tidak tahu mobil kamu akan bergerak kemana.

4. Merasa Terhipnotis

Selain itu, pengguna jalan lain yang melihat lampu hazard nyala terus menerus secara tidak sengaja akan mengalami gejala terhipnotis. Kondisi ini akan membuat mereka tidak waspada terhadap posisi mobil kamu dan situasi di sekitarnya.

Kombinasi semua masalah di atas akan memicu kecelakaan fatal seperti tabrakan beruntun hanya karena menyalakan lampu hazard di saat yang tidak tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya