Begini Tahapan Proses Bodi dan Cat, Biaya Mulai dari Rp 800 Ribuan

Auto2000 Bodi & Cat
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA Otomotif – Setiap kendaraan membutuhkan pemeliharaan secara berkala seiring dengan waktu dan pemakaian. Seperti bodi mobil yang bisa tergores karena senggolan di jalan. Atau, pemilik kendaraan menginginkan warna mobil yang lebih menarik, dan segar.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Melihat hal ini, Auto2000 selaku jaringan diler terbesar Toyota menghadirkan fasilitas Bodi dan Cat untuk mereka yang ingin memperbaiki dan menyegarkan kondisi mobil, seperti yang terdapat di diler Auto2000 BP Bandung Cibiru.

"Auto2000 berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada AutoFamily, termasuk ufusan perbaikan bodi dan cat mobil Toyota yang membutuhkan treatment berkualitas dan terpercaya," Ujar Romy Syaputra sebagai Kepala Cabang Bodi dan Cat Auto2000 BP Bandung Cibiru pada Kamis, 25 Mei 2023.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah
Auto2000 Bodi & Cat

Auto2000 Bodi & Cat

Photo :
  • Arianti Widya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bengkel Auto2000 BP Bandung Cibiru menjelaskan lebih lanjut tentang tahap-tahap perbaikan kendaraan.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

"Hal paling pertama yang harus dilakukan itu ya setiap pelanggan harus melakukan appointment/booking untuk memastikan apakah bisa masuk ke TPS Line dan mengatur jadwal produksinya," Purwanto menjelaskan.

Setelah itu, dimulai dari Assembly: proses pelepasan panel yang tidak dilakukan perbaikan untuk menghindari kerusakan selama perbaikan. Lalu ada panel repair, di tahap ini terdapat proses panel yang mengalami kerusakan diperbaiki menggunakan palu, dolly, dan washer welder.

Kemudian, Putty; proses pendempulan untuk menghaluskan permukaan sehingga mendapatkan hasil pengecatan yang maksimal. Lanjut, Surfacer; proses pengecatan dasar untuk menjaga kualitas dari cat lapisan atas yang akan digunakan.

Combhi Booth; proses pengecatan akhir dalam suatu ruangan khusus untuk menghasilkan hasil pengecatan yang sempurna. Drying; proses aplikasi panas pada cat yang telah diaplikasikan untuk mempercepat proses pengeringan cat.

Lalu, Polishing; suatu proses untuk menyempurnakan hasil pengecatan. Re-assembly: Proses pemasangan kembali spare part yang dilepas selama perbaikan. Tahap terakhir itu pengiriman kepada setiap pemilik kendaraan.

Berkaitan dengan harga, Purwanto menjelaskan bahwa harganya dilihat dari per panel dan model. Mulai dari kendaraan LCGC seperti Agya, Calya, kendaraan medium seperti Avanza, Rush, Sedan. Lalu ada juga kendaraan premium seperti Fortuner, Alphard.

Proses cat bodi mobil

Photo :
  • Arianti Widya

"Untuk kendaraan low, per panel itu Rp800-900 ribu, kalau untuk kendaraan medium mulai dari Rp1,1 juta, untuk kendaraan mobil premium mulai dari Rp1,3 juta. Itu harga untuk jasa per panel ya bukan untuk sparepart nya," ujar Purwanto.

Kemudian untuk harga cat satu bodi mobil, harga dimulai dari Rp13 juta hingga Rp30 jutaan. Harga tersebut dilihat lagi dari tipe mobil dan juga tipe cat.

"Kalau untuk mobil premium, pasti kan butuh cat premium juga. Jadi tergantung permintaan juga. Karena harga cat nya juga dimulai dari Rp900 ribu hingga Rp1,5 juta," tambahnya.

Sebagai informasi untuk keterangan surat perubahan warna mobil, Auto2000 hanya membantu membuat surat keterangan ganti warna saja.

"Kalau urusan STNK atau BPKB, itu urusan pelanggannya ya, tapi itu jika mobil sudah di tangan mereka. Berbeda kalau mobil masih di diler, belum ada surat-suratnya. Kalau mereka tiba-tiba mau ganti warna mobil, ya kami urus, karena kan masih di diler." kata Purwanto. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya