Begini Sensasi Berkendara di Balik Kemudi Toyota Yaris Cross

VIVA Otomotif: Toyota All New Yaris Cross
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Tangerang – Belum lama ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Yaris Cross, sebuah mobil SUV crossover dengan teknologi hybrid. Ini merupakan mobil produksi Indonesia yang ramah lingkungan dan siap diekspor ke berbagai negara.

Usai Halving, Ini yang Diprediksi Bakal Terjadi pada Bitcoin

Yaris Cross telah diperkenalkan pada pertengahan Mei lalu yang diproduksi langsung di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Karawang, Jawa Barat,

Sebagai pendatang baru dan status produksi Indonesia, banyak yang penasaran bagaimana rasa mengendarainya. Maka dari itu TAM, mengajak beberapa awak media termasuk VIVA Otomotif untuk merasakan sensasi langsung berkendara di balik kemudi Yaris Cross.

Pembeli Mobil Pertama Enggan Pilih EV, Ini Alasannya

Kesempatan mengendarai mobil yang telah dinantikan ini dilakukan di jalan umum dengan mengelilingi kawasan BSD City, Tangerang. Tipe yang dijajal adalah Yaris Cross S HEV GR yang merupakan varian tertinggi dengan banderol Rp449,95 juta.

Ketika pertama kali membuka pintu, pandangan kami langsung disajikan dengan kabin yang bernuansa elegan dan sporty. Hal ini karena permainan warna yang didominasi hitam dan sentuhan biru pada jahitan di jok mobil. 

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Sebelum berkendara, kami mencoba menyesuaikan posisi agar lebih nyaman saat berkendara. Yaris Cross hybrid memiliki fitur kemudi tilt dan telescopic, sehingga setir bisa maju, mundur, naik, dan turun, yang memungkinkan posisi mengemudi dengan nyaman. 

Saat pertama kali duduk, Yaris Cross terasa cukup tinggi karena mobil ini masuk dalam segmen SUV. Kendati begitu, posisi duduk juga dapat disesuaikan dengan menekan tombol yang seluruhnya dikendalikan secara electric. 

Setelah mendapatkan posisi berkendara yang tepat, pandangan kami sangat jelas dan pilar A juga tidak terlalu mengganggu visibilitas. Secara keseluruhan, visibilitas pengemudi cukup baik, dari sisi depan, serta kanan dan kiri.

Setelah melakukan penyesuaian, kami langsung menginjak pedal rem dan memindahkan transmisi otomatis CVT ke posisi D. Tak lupa. menonaktifkan tombol parking brake, meski sistem bisa mematikannya secara otomatis saat pedal gas diinjak.

Toyota Yaris Cross

Photo :
  • Arianti Widya

Mengusung teknologi hybrid, pada awal mobil berjalan kabin terasa sangat kedap seperti tidak ada suara mesin yang berjalan. Namun ketika pedal gas diinjak lebih dalam, terdengar suara mesin konvensional.

Perpindahan giginya juga terasa sangat halus, tidak ada sentakan kasar yang mengganggu sehingga pengemudi dan penumpang akan merasa nyaman. 

Dari segi handling, Yaris Cross memiliki sistem kemudi yang cukup baik. Radius putarannya juga cukup lebar, sehingga kami merasa nyaman saat melakukan putar balik.

Yaris Cross hybrid memiliki tiga mode berkendara, yakni Normal, Eco, dan Power. Saat mencoba mode Power, tenaga yang dihasilkan sangat besar dibandingkan ketika berkendara dengan mode Normal.

Sementara untuk mode Eco, tenaga yang dihasilkan seolah tertahan karena tujuannya untuk membuat bahan bakar lebih efisien. Ini menjadi mode yang sangat cocok digunakan saat berada di jalan perkotaan.

Fitur blind spot warning juga tersedia di Toyota Yaris Cross. Fitur ini membantu pengemudi untuk mengetahui datangnya kendaraan dari arah yang tak terlihat. Namun, kami terasa sedikit terganggu dengan suara yang dihasilkan dari berbagai sensor.

Fitur Blind spot warning di Toyota Yaris Cross

Photo :
  • Arianti Widya

Tetapi tak perlu khawatir, suara tersebut bisa dinonaktifkan sehingga akan membuat pengendara merasa lebih nyaman. Meskipun seperti itu, hal tersebut tidak akan menghilangkan fitur itu sendiri.

Satu yang disenangi oleh kami adalah panoramic roof yang memiliki ukuran cukup lebar. Panoramic roof ini juga juga memiliki kaca dapat meredam panas dengan baik sehingga suhu ruangan di dalam kabin tetap sejuk.

Berikut daftar Harga All-New Yaris Cross, dengan status on the road DKI Jakarta: 
All New Yaris Cross 1.5 G M/T – Rp351.000.000
All New Yaris Cross 1.5 G CVT – Rp364.000.000
All New Yaris Cross 1.5 S CVT – Rp407.700.000
All New Yaris Cross 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package – Rp417.000.000
All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT – Rp440.600.000
All New Yaris Cross 1.5 S HV CVT GR Parts Aero Package – Rp449.950.000

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya