Toyota Land Cruiser Mini, Pesaing Baru Suzuki Jimny

Toyota Compact Cruiser EV
Sumber :
  • Creative Trend

Jepang, 28 September 2023 – Toyota dilaporkan sedang mengembangkan mobil offroad berukuran kompak, untuk bersaing dengan Suzuki Jimny. Media Jepang melaporkan bahwa mobil ini bakal dijual dengan pilihan mesin hibrida dan listrik.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Mobil yang disebut sebagai 'Land Cruiser Mini' ini akan diperkenalkan tahun depan, dan disebut-sebut menjadi versi produksi dari konsep Compact Cruiser EV yang ditampilkan beberapa tahun lalu.

Mobil ini mungkin juga akan disebut Lite Cruiser atau Yaris Cruiser. Meskipun konsepnya menggunakan tenaga listrik, kendaraan yang masuk ke kategori SUV tersebut versi produksi massalnya akan tersedia dengan mesin pembakaran internal juga.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Dikutip VIVA Otomotif dari Gaadiwaadi, laporan juga mencatat bahwa Land Cruiser Mini akan memiliki ukuran yang mirip dengan Corolla Cross dan akan lebih panjang dari Suzuki Jimny lima pintu.

Suzuki Jimny di pabriknya di Suzuki Kosai Plant di Jepang

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali
C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Untuk bisa bersaing ketat dengan Jimny, mobil ini akan menggunakan kerangka body-on-frame yang sejak lama dikenal tangguh untuk penggunaan di jalur kasar.

Panjang keseluruhan diperkirakan sekitar 4.350 milimeter, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.880 mm. Eksteriornya akan sangat dipengaruhi oleh konsep Compact Cruiser. Namun, lampu depan LED bundar dapat digunakan bersama dengan roda cadangan yang dipasang di pintu belakang untuk memberikan tampilan otentik.

Model yang dijuluki "pembunuh Jimny" tersebut diperkirakan akan memulai debut globalnya di ajang Japan Mobility Show 2023, yang digelar bulan depan di Tokyo.

Meskipun laporan seputar dapur pacunya bervariasi, ada spekulasi bahwa mobil ini menggunakan mesin bensin 2.0L dari Corolla Cross, mesin hybrid 2.5L dari RAV4, atau bahkan mesin diesel empat silinder turbocharged 2.8L yang ada di Prado dan Hilux.

Produsen Jepang ini sedang mempersiapkan sistem mild-hybrid untuk mesin diesel seri GD di Fortuner dan Hilux, dan apakah sistem ini akan tersedia di Land Cruiser Mini atau tidak masih belum diketahui.

Toyota Compact Cruiser EV

Photo :
  • Creative Trend

Sementara itu, sampai saat ini Suzuki masih fokus memasarkan model lama dari Jimny tiga pintu serta berupaya untuk menjual tipe lima pintu ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya