Ini yang Bikin Inden Mobil Listrik Termurah di RI Cukup Lama

3 mobil listrik K-KOOPER, KX-UPGRADE dan K-BLADE SERIES
Sumber :

Serpong, 5 Desember 2023 – Kurnia Motors EVCBU, distributor mobil listrik murah asal China, mengungkapkan beberapa penyebab inden yang cukup lama pada konsumen. Salah satunya karena mobil ramah lingkungan yang dipasarkan berstatus CBU (Completely Built Up).

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Seperti diketahui, mobil dengan status CBU adalah yang diimpor langsung dari negara asal dalam kondisi utuh. Maka itu, proses pengiriman unit kendaraan, yang masih mengandalkan jalur laut dan mengandalkan kapal kargo. 

Prosesnya bisa tersendat dan waktunya mundur lama, alhasil untuk sampai ke konsumen menjadi lebih lama. Hal tersebut diungkapkan oleh Rivaldi Ardiansyah, General Manager Kurnia Motors EVCBU.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

“Saat ini kami masih mengalami kesulitan mendatangkan mobil dari China. Tidak hanya produksi yang memakan waktu, namun proses pengiriman juga terkendala,” kata Rivaldi Ardiansyah pada wartawan di Serpong, Selasa 5 Desember 2023.

Mobil listrik KX-Upgrade dari Kurnia Motors

Photo :
  • VIVA.co.id
GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Kurnia Motors sendiri bertindak sebagai importir umum sejak 2019. Kemudian pada 2022, berkembang menjadi distributor dan kini mengklaim sudah menerima ratusan pemesanan mobil listrik murah yang dijualnya.

Untuk mendatangkan mobil listrik dar China, dibuat sesuai pemesanan dan itu juga yang membuat proses membutuhkan waktu. Tercatat, masih ada 150 konsumen yang menerima unitnya, dan Kurnia Motors tengah fokus memenuhinya.

Saat pengiriman juga harus pakai kapal laut khusus DG9 Class atau ruang khusus, dan untuk impor mobil listrik dengan baterai litium lebih sedikit. Mobil listrik murah Kurnia Motor sendiri memang menggunakan baterai jenis lithium ion.

“Mobil listrik kami menggunakan baterai lithium dan telah memiliki sertifikat IP67. Sehingga membutuhkan trik berbeda dalam pengiriman menggunakan kapal,” ucap Rivaldi.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa mobil listrik yang dipasarkan memang dibekali spesifikasi yang cukup mumpuni seperti pada K-Kooper dan KX-Upgrade, karena sebagai mobilitas. Maka itu, inden juga lebih lama.

Rivaldi menegaskan bahwa inden produknya adalah 90 hari kerja. Terkait konsumen dan masih menunggu kedatangan mobil, dipastikan selesai kuartal pertama 2024.

“Kami sudah mengirimkan 50 unit kepada konsumen dan didominasi K-Cooper tipe standar. Abis Lebaran 2024 inden sudah selesai,” paparnya.

3 mobil listrik K-KOOPER, KX-UPGRADE dan K-BLADE SERIES

Photo :

Luncurkan 2 Mobil Listrik Limited Edition

Kurnia Motors juga memberikan varian baru pada masyarakat, lewat K-Kooper dan KX-Upgrade limited edition seharga Rp99 juta. Dengan harga yang cukup terjangkau, tapi spesifikasi yang cukup diperhitungkan.

"KX-Upgrade dan K-Kooper limited edition ini, jarak tempuh keduanya adalah 180 Km dan kecepatan maksimal 80 Km/jam. Baterainya pun sudah lithium," ujar Rivaldi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya