Mobil Hybrid Mendominasi Hampir Separuh Penjualan Suzuki

Suzuki New XL7 Hybrid
Sumber :
  • Doc. Suzuki Indomobil Sales

Bogor, 5 Desember 2023 – Saat ini, mobil hybrid mulai bertaburan di pasar otomotif Indonesia. Sebagian masyarakat memilih menggunakan kendaraan jenis ini seiring dengan proses peralihan elektrifikasi di Tanah Air. 

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Pabrikan asal Jepang, Suzuki turut menghadirkan ragam pilihan produk, yang sudah disematkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), seperti All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid

Harold Donnel selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan bahwa penjualan mobil hybrid mencapai hampir separuh dari keseluruhan penjualan kendaraan penumpang Suzuki di Oktober 2023. 

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

VIVA Otomotif: Penyerahan unit Suzuki Grand Vitara ke konsumen

Photo :
  • Dok: SIS

"Selama dua tahun terakhir, kami telah menghadirkan mobil-mobil hybrid dan ternyata penjualan kendaraan hybrid Suzuki telah mencapai 46% dibandingkan keseluruhan penjualan passenger model Suzuki di bulan Oktober 2023," ujar Harold saat ditemui di Sentul, Bogor, dikutip VIVA Otomotif

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Lebih lanjut, penggunaan teknologi SHVS di produk-produk Suzuki ini ditujukan untuk mendukung Pemerintah dalam upaya menuju kendaraan karbon netral di masa mendatang. 

"Teknologi ini memungkinkan mobil dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi emisi gas buang karena penggabungan antara mesin konvensional dengan ISG (Integrated Starter Generation) dan Lithium-ion Battery," jelas Harold. 

Karena berdasarkan data European Commission dalam laporan GHG Emissions of All World Countries 2023, total volume emisi gas rumah kaca di Indonesia pada tahun 2022 telah mencapai 1,24 gigaton atau sama dengan 2,3 persen dari total emisi gas rumah kaca secara global. 

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia saat ini sedang menargetkan Net Zero Emission pada tahun 20060 mendatang. 

VIVA Otomotif: Suzuki All New Ertiga Hybrid di GIIAS 2023

Photo :
  • Dok: SIS

Untuk mencapai target tersebut, langkah awal yang dilakukan adalah komitmen untuk mengurangi emisi CO2 hingga 41% yang diharapkan dapat terjadi pada tahun 2030. 

Maka dari itu, Suzuki telah melakukan beberapa upaya untuk mendukung target Pemerintah tersebut. Tidak hanya menghadirkan kendaraan Hybrid di pasar otomotif Indonesia, tetapi Suzuki juga sedang mengembangkan kendaraan listrik di beberapa negara seperti Jepang, Eropa, dan India. 

Harold menambahkan bahwa saat ini, Suzuki berkomitmen untuk konsisten dalam memberikan berbagai model baru kepada masyarakat dan selalu mendukung keinginan Pemerintah untuk membuat lingkungan lebih baik. 

"Melihat adanya sebuah cita-cita kendaraan karbon netral di masa mendatang, kami tidak tinggal diam dan berusaha mulai mewujudkannya sejak saat ini. Kami berharap masyarakat dapat mendukung dengan lebih bijak dalam memilih kendaraan," tutur Harold. 

"Melalui berbagai jenis kendaraan hybrid yang Suzuki tawarkan, kami berharap dapat membawa dampak yang positif untuk keberlanjutan pelestarian lingkungan,” tutupnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya