Beli Mobil Baru Murah vs Mobil Bekas Mewah, Mana yang Lebih Menguntungkan?

VIVA Otomotif: Ilustrasi membeli mobil bekas
Sumber :
  • Carscoops

Jakarta, 11 Desember 2023 – Memiliki mobil pribadi merupakan impian bagi banyak orang, karena mereka bisa lebih leluasa bepergian tanpa harus bergantung pada transportasi umum.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Namun, membeli mobil bukanlah perkara yang mudah. Selain harga yang cukup mahal, kita juga harus mempertimbangkan berbagai faktor lainnya, seperti kebutuhan, anggaran, dan gaya hidup.

Dalam artikel ini, VIVA Otomotif akan membahas perbandingan antara membeli mobil baru murah dan mobil bekas mewah. Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Mobil baru ada yang ditawarkan dengan harga Rp150 jutaan hingga Rp200 jutaan. Dengan banderol tersebut, pembeli juga bisa memperoleh mobil bekas yang terbilang mewah namun masa pemakaiannya sudah lebh dari 10 tahun.

VIVA Otomotif: Booth Suzuki di GIIAS 2023

Photo :
  • Dok: SIS
Fortuner vs Pajero Sport Bekas, Pajak Tahunannya Murah Mana?

Selain itu, mobil yang dibeli dari diler masih memiliki garansi dari pabrikan. Garansi ini bisa melindungi kita dari kerusakan yang terjadi di awal pemakaian.

Mobil baru yang dipasarkan dengan harga terjangkau biasanya sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru, seperti sistem keselamatan dan hiburan. Teknologi ini bisa meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Meski demikian, harga mobil baru akan turun cukup banyak apabila dijual. Rata-rata penyusutannya bisa mencapai 25 persen dari harga saat membeli di diler dalam satu tahun pertama pemakaian.

Mobil baru murah juga biasanya memiliki fitur yang terbatas, hal ini bisa menjadi kekurangan bagi sebagian orang yang membutuhkan fitur-fitur tertentu.

Sementara itu, mobil bekas yang masuk ke dalam kategori mewah biasanya memiliki penyusutan nilai yang tidak terlalu besar dibandingkan mobil baru. Sebab, hal itu sudah terjadi saat pemilik pertama menjualnya.

Ilustrasi mobil bekas.

Photo :
  • viva.co.id/ Pius Mali

Mobil bekas mewah juga memiliki fitur yang lengkap, termasuk fitur-fitur yang tidak tersedia di mobil baru murah. Bahkan, tidak jarang ada yang lebih canggih.

Nilai jual mobil bekas mewah juga tidak akan turun banyak, dari harga yang dibayar saat membelinya dari tangan pertama. Sebab, penyusutan nilai sudah terjadi sebelumnya.

Akan tetapi, pembeli mobil bekas yang ada di kategori mewah bakal menghadapi beberapa masalah seperti biaya servis yang cukup tinggi. Perawatan kendaraan ini juga harus rutin dan memakai suku cadang berkualitas, apabila ingin kondisinya tetap prima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya