Toyota Astra Motor Hadirkan Produk Netral Karbon, GR Corolla Lengkapi Varian Gazoo Racing

Booth Toyota di IIMS 2024
Sumber :
  • TAM

VIVA – Pameran otomotif menjadi panggung utama untuk para produsen mobil dalam memamerkan produk-produk terbaru kepada konsumen Indonesia. Mulai dari mobil konsep yang futuristic, hingga produk siap jalan. Pada ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024, yang telah berlangsung di JIEXpo Kemayoran Jakarta, turut menampilkan ragam kendaraan dari berbagai merek. Pada ajang tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan produk carbon neutral mobility dengan memajang formasi lengkap Electrified Vehicle (EV) yang dipasarkan di Indonesia.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda, menjelaskan, Komitmen PT Toyota-Astra Motor (TAM) terhadap Mobility for All berkaitan erat dengan dedikasi TAM untuk mencapai carbon neutrality. Toyota menerapkan pendekatan Multi Pathway Strategy dalam menghadirkan carbon-neutral mobility solution untuk menekan emisi karbon sebagai ‘musuh’ bersama.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Partisipasi Toyota di pameran IIMS 2024, sejalan pula dengan target Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang. Selain tentunya mengamplifikasi inisiatif IT'S TIME FOR EVERYONE agar masyarakat berpartisipasi melestarikan lingkungan sesuai kemampuannya, yaitu memakai kendaraan elektrifikasi dan ramah lingkungan Toyota yang semakin lengkap," jelas Hiroyuki.

Dengan slogan “carbon is our enemy”, dalam setahun berjalan Toyota telah berhasil menginisiasi gerakan masyarakat dan mengumpulkan serta mendaur ulang lebih dari 100 ton sampah dari 7 waste station di Pulau Jawa. Capaian ini setara dengan mengurangi 34 ton emisi CO2.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Kendaraan Elektrifikasi Toyota Mencuri Perhatian Pengunjung IIMS 2024

Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), bahkan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) lewat kehadiran Toyota Mirai. Berdampingan dengan Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV sebagai kendaraan elektrifikasi karya anak bangsa pertama, Toyota juga memperkenalkan All New Vellfire HEV.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, mengatakan, Kendaraan elektrifikasi Toyota yang paling laris adalah Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV. Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan xEV yang diproduksi lokal dan menjadi xEV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia.

"Bukti keseriusan menuju netralitas karbon, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan jajaran kendaraan elektrifikasi di IIMS 2024, yaitu Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, Toyota bZ4X, RAV4 GR Sport PHEV dan Corolla Cross HEV Bioetanol, bersama perkenalan All New Vellfire HEV yang memperluas pilihan eco friendly vehicle. Hadirkan ever-better cars, Toyota Mirai dipamerkan karena mewakili teknologi hidrogen (FCEV) yang nol emisi sekaligus melambangkan bentuk kerjasama Toyota dengan stakeholder untuk pengembangan teknologi ini di Indonesia," kata Henry.

Keunggulan penting lainnya, biaya maintenance HEV Toyota yang relatif sama dengan mobil konvensional karena minim perawatan khusus mobil hybrid. Untuk menambah peace of mind, juga terdapat garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km, serta harga baterai yang terhitung kompetitif dan affordable. Kemudian jika pelanggan ingin mengganti kendaraan Hybrid miliknya, resale value di used car market terhitung tinggi. Bahkan di beberapa model Hybrid lebih tinggi daripada non-Hybrid. Terakhir, adalah kontribusi terhadap lingkungan di mana setiap teknologi elektrifikasi memiliki peran masing-masing dalam mencapai netralitas karbon.

Booth Toyota turut menampilkan BEV global pertama Toyota bZ4X yang memperoleh sambutan luar biasa tahun lalu bersama Premium Sporty SUV All New RAV4 GR Sport PHEV. Ditambah showcase Toyota Mirai sebagai representasi Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) berbahan bakar hidrogen, menunjukkan luasnya cakupan xEV Toyota global yang zero emission. Sekaligus melambangkan kerjasama Toyota Indonesia dengan stakeholder di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis hidrogen.

Sejalan visi No One Left Behind, Toyota merintis penggunaan Flex-Fuel Mobility dengan pemanfaatan teknologi bahan bakar ramah lingkungan yang lebih fleksibel dalam penggunaan energi alternatif baru dan mempercepat pengurangan emisi karbon sehingga masyarakat dapat memilih kendaraan ramah lingkungan yang paling sesuai kemampuannya. Di gelaran IIMS 2024, Toyota memajang Corolla Cross HEV Bioetanol yang sudah kompatibel sepenuhnya dengan bahan bakar Bioetanol (E100) untuk melengkapi line-up carbon neutral mobility Toyota.

All New Vellfire HEV Hadir Perdana di IIMS 2024

Hadirkan ever-better cars di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) sekali lagi akan menambah opsi xEV bagi pelanggan. Kali ini dengan teknologi hybrid pada All New Vellfire HEV di segmen Luxury MPV. Model ini telah mendapatkan full model change yang berdiri di atas all new platform, bersama peningkatan kenyamanan dan advanced features yang signifikan, serta dilengkapi Toyota Hybrid System sebagai pengelola kinerja hybrid engine yang efisien, powerful, dan ultra low emission.

Mengusung DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR)

TAM mengumumkan dimulainya penjualan GR Corolla di Indonesia, sekaligus memajangnya bersama Agya GR Sport, Yaris Cross GR Parts HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Selaras Multi Pathway Strategy, produk GR telah mengusung teknologi elektrifikasi Hybrid EV (HEV) dan Plug-in Hybrid EV (PHEV). All New Agya GR Sport dengan livery baru yang melambangkan semangat pantang menyerah juga ikut dipamerkan oleh TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) untuk menunjukkan komitmen dan kesiapan tampil penuh di ajang balap nasional tahun ini.

“Saat ini, popularitas brand GR meningkat signifikan dibuktikan dari 19 produk yang dipasarkan, dimana komposisi model GR mencapai 80%. PT Toyota-Astra Motor (TAM) memajang GR model yang terdiri atas GR Pure, GR Sport dan GR Parts di ajang IIMS 2024, bersamaan dengan launching penjualan GR Corolla. Toyota mengumumkan pula race car All New Agya GR Sport dengan livery baru yang juga akan dipakai di seluruh race car milik TGRI. Menandakan kesiapan untuk berlaga penuh di ajang balap domestik maupun regional sekaligus memperkenalkan pembalap muda penuh talenta yang akan mengorbit bersama TGRI,” terang Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

GR juga menerapkan prinsip Toyota “Carbon is Our Enemy”. Beberapa tahun terakhir, TGR menguji coba berbagai teknologi yang dirasa cocok bahkan bisa meningkatkan excitement dari kompetisi di sirkuit balap itu sendiri. Mulai dari elektrifikasi seperti hybrid engine di WRC dan WEC, bahkan bakar hidrogen (H2) hingga carbon-neutral fuel yang langsung dicoba oleh Morizo (Akio Toyoda) di berbagai event balap endurance.

Semangat ini direpresentasikan oleh GR xEV model Yaris Cross GR Parts HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV yang dipajang di IIMS 2024. Teknologi elektrifikasi yang diimbuhkan, membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien dan low emission, namun ternyata juga lebih powerful dan fun to drive berkat kolaborasi apik antara motor listrik dan mesin bensin.

Oli Spesial Untuk Pengguna GR di Indonesia

Dukungan untuk segala aktivitas Motorsport TGRI sebagai realisasi semangat GR brand konsisten diberikan oleh Toyota. Kali ini, PT TAM meluncurkan oli resmi Toyota Motor Oil (TMO) TGRI yang baru untuk menggantikan TMO 0W-20 Full Synthetic Oil yang telah menemani perjuangan TGRI di sirkuit balap bersamaan dengan TMO TGRI Injector Cleaner. TMO TGRI Oil terbaru masih memiliki viskositas 0W-20 dan kini dilengkapi Synthetic Ester Technology untuk meningkatkan performa unggul dan menjaga daya tahan mesin mobil agar tetap aman meski di push to the limit.

Selain akan digunakan di arena balap, oli spesial dengan spesifikasi tertinggi yang dimiliki Toyota ini juga direkomendasikan untuk digunakan oleh semua line-up GR di Indonesia.

Sedangkan TMO TGRI Injector Cleaner bisa membantu pelanggan untuk menjaga efisiensi pembakaran pada mobil setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu agar performanya tetap prima. Kedua hal ini menjadi bagian dari Total Mobility Solution yang ditawarkan Toyota untuk seluruh pelanggannya.

“Sebagai motorsport brand, aktivitas GAZOO Racing tidak terfokus hanya pada motorsport melainkan juga ekosistemnya. Visi Pushing the Limits for the Better merupakan penerapan lebih jauh dari continuous improvement yang kemudian menjadi dasar bagi seluruh proses development, baik untuk balapan, produk, maupun seluruh ekosistem pendukungnya. Termasuk melawan pandangan bahwa motorsport bertentangan dengan konsep ramah lingkungan dengan memberikan teknologi elektrifikasi dan energi terbarukan pada race car TGR yang ternyata sanggup meraih kemenangan di berbagai kompetisi balap global hingga akhirnya diadopsi pada mobil harian GR family. Tentunya dengan tetap mengedepankan visi memberikan excitement dan joy of GR kepada semua orang, baik dari sisi sirkuit balap maupun dari balik kemudi GR model,” tutup Hiroyuki Oide.

Ekspansi Aktivitas GAZOO Racing di Indonesia

Hadirkan excitement dan joy of GR kepada pecinta motorsport, GR akan meningkatkan popularisasi dan mengembangkan ekosistem balap di Indonesia supaya dapat diakses oleh lebih banyak orang. PT TAM mengajak dealer resmi Toyota supaya terlibat aktif di ajang balap dengan men-support pelanggan yang ingin turun berlomba. Kartikasari Motorsport merupakan contoh tim balap yang berasal dari dealer Toyota Kartika Sari Malang yang turun di ajang slalom dan sprint rally nasional 2023 dengan mengandalkan Agya GR Sport.

Melanjutkan upaya menghadirkan sustainable motorsport ecosystem, PT TAM akan menggelar TGR GT Cup yang lebih mudah diakses supaya semua orang dapat merasakan serunya pertarungan di ajang balap virtual. GR juga memperlebar kesempatan masyarakat untuk ikut berpartisipasi langsung lewat e-Motorsport yang kini juga akan hadir di berbagai dealer Toyota di seluruh Indonesia.

GR akan merangkul sebanyak-banyaknya motorsport dan GR enthusiast di Indonesia. One-stop-community hub GR Garage di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara, memberikan kesempatan kepada pengguna GR Family agar dapat melakukan modifikasi untuk meningkatkan tampilan dan performa kendaraannya. GR Garage juga menyediakan gathering space sebagai tempat berkumpulnya para penggemar balap dan sports car untuk menuangkan hobi motorsport. Sekarang telah terbentuk GR Enthusiast sebagai komunitas pengguna GR Pure yang bernaung di bawah organisasi induk Toyota Owners Club (TOC).

PT TAM akan melanjutkan program GR Tour yang menyasar pengunjung pusat perbelanjaan supaya dapat menikmati excitement dan joy of GR secara disertai kehadiran GR model dan kesempatan taxi drive bersama pembalap TGRI. GR Zone yang kini tersedia di lebih dari 23 titik di seluruh Indonesia, khusus disiapkan bagi para GR enthusiast untuk saling bertukar passion di motorsports.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya