Keunggulan Blade Battery BYD, Bisa Dipakai 1,2 Juta Kilometer

BYD Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arianti Widya

Chongqing – Build Your Dreams (BYD) telah hadir secara resmi di pasar otomotif Indonesia. Raksasa teknologi asal China ini menghadirkan beberapa lini mobil listrik sekaligus, yakni BYD Dolphin, BYD Atto 3, dan BYD Seal.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

BYD menawarkan beberapa keunggulan untuk bersaing di pasar Indonesia, salah satunya adalah teknologi baterai yang dibawanya.

BYD mengklaim baterai ini memiliki ketahanan yang lebih tinggi, basisnya adalah Lithium Ferro Prosphate (LFP). Namun BYD meracik dan membuat model baru, dengan nama Blade Battery.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Eagle Zhou selaku Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia menyampaikan dengan riset yang telah dilakukan BYD, inovasi baterai bernama blade battery ini berhasil menarik perhatian masyarakat dan telah menempati posisi kedua di dunia.

Blade Battery milik BYD

Photo :
  • Arianti Widya
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

"Blade Battery dari BYD ini memiliki keunggulan lebih mutakhir dibanding baterai lainnya untuk diimplementasikan pada mobil listrik," jelas Zhou di Chongqing, China, dikutip VIVA Otomotif.

Eagle mengatakan, baterai jenis ini punya daya jelajah mulai dari 600 kilometer dan punya kepadatan energi hingga 50 persen.

"Tingkat keamanan dari Blade Battery ini pun sudah teruji dengan peningkatan yang signifikan," tambah Eagle.

Kemudian, Blade Battery ini juga telah lolos berbagai tes, salah satunya Nail Penetration Test. Ini untuk menguji kemampuan mengeliminasi potensi terbakarnya baterai saat kecelakaan.

Pada aspek longevity, sel Blade Battery memiliki rentang hidup sepanjang 1.200.000 kilometer atau sekitar 3.000 kali charge sehingga sangat tepat untuk penggunaan jangka panjang.

Bahkan, para ahli di BYD juga terus menyempurnakan volume kubik instalasi baterai dengan menyediakan 50 persen lebih banyak ruang untuk penyimpanan dan fitur lainnya.

Pabrik Blade Battery BYD

Photo :
  • Arianti Widya

Sebagai informasi tambahan, BYD Group memutuskan untuk membangun bisnis produksi baterai yang lebih mandiri dengan meresmikan FinDreams Battery pada tahun 2022.

FinDreams menjadi pusat produksi utama berbagai jenis baterai yang diproduksi oleh BYD, terutama baterai lithium-ion untuk mobil listrik, bus listrik, kendaraan komersial, dan aplikasi energi lainnya.

Kemudian, pada tahun 2023, kendaraan listrik yang dikembangkan oleh BYD menggunakan baterai istimewa yang disebut dengan Blade Battery yang di produksi di pabrik baterai FinDreams.

Dengan inovasi yang agresif, bahkan saat ini Blade Battery secara eksklusif memiliki 600 paten yang sangat persisten untuk masuk ke pasar global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya