Sebanyak Ini Orang yang Beli Honda Brio, Bukti Mobil Murah Gak Harus Canggih

Honda Brio RS
Sumber :
  • HPM

VIVA – Brio menjadi tulang punggung penjualan Honda di Indonesia. Mobil perkotaan itu pertama kali lahir di Indonesia pada 2012, saat itu statusnya masih impor utuh alias CBU (Completely Built Up) dari Thailand.

Bulan Depan Mobil Baru Honda yang Hadir di RI Akan Jadi Sorotan Asia

Untuk generasi pertama itu ditawarkan dua pilihan mesin, yaitu 1.200cc, dan 1.300cc. Mengingat penjualannya menjanjikan, pada 2013 Brio dirakit lokal oleh PT Honda Prospect Motor di Karawang, Jawa Barat.

Honda Brio di pameran GIIAS 2022

Photo :
  • Dok: HPM
Deretan Pilihan Mobil Baru per Juni 2024 dengan Harga Rp 100 Jutaan

Setelah diproduksi di dalam negeri, Brio masuk program pemerintah yaitu KBH2, atau lebih dikenal LCGC (Low Cost Green Car), untuk varian yang meramaikan ceruk pasar itu diberikan nama Satya di belakangnya.

Sejak awal Brio dikenal pelit fitur, bahkan lebih canggih Toyota Agya. Namun dengan desain, dan pengalaman brand membuat mobil perkotaan, menjadi salah satu faktor produk itu tetap paling laris di kelasnya.

Tak Waspada di Perempatan Jalan, Honda Brio dan Becak Motor Tabrakan

Bahkan Honda Brio dua kali menjadi mobil terlaris di RI menggeser Toyota Avanza yang dijuluki mobil sejuta umat. Hal itu terjadi pada 2020, penjualannya tembus 36.512 unit, dan 2022 mencapai 61.025 unit.

Hasil tersebut merupakan data wolesales, atau penjualan pabrik ke diler berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Tapi secara retail tidak berbeda jauh, atau tidak mengubah posisinya.

Sepanjang 2023, city car besutan brand berlogo H tersebut menduduki peringkat kedua terlaris dengan penjualan wholesales 62.195 unit, disalip Kijang Innova Zenix sebagai mobil terlaris yang terjual 66.460 unit.

Sementara angka retail, atau penjualan diler ke konsumen di tahun lalu sebanyak 56.627 unit. Saat ini Brio yang dijual adalah generasi kedua, pertama kali hadir 2018 atau bentuk nyata dari Small RS Concept.

Memasuki 2023 mobil perkotaan itu mendapatkan penyegaran, alias facelift dengan beberapa kosmetik dari bagian luar, dan penambahan fitur. Lantas gimana sepak terjangnya di tahun ini?

Berdasarkan data retail yang dirilis produsen mobil Honda tersebut, sebanyak 12.347 orang RI membeli Brio dalam periode Februari-April 2024. Untuk angka per bulan, Februari 4.418 unit, Maret 4.495 unit, dan April 3.434 unit.

Artinya ada penurunan sekitar 23 persen di bulan lalu dibandingkan sebelumnya, namun tetap menjadi tulang punggung dengan kontribusi 52,7 persen dari total penjualan Honda di bulan lalu yang mencapai 6.507 unit.

Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, penjualan kendaraan di kuartal pertama tahun ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari situasi politik hingga ekonomi secara global maupun nasional.

“Kondisi ini menyebabkan beberapa konsumen memilih untuk menunda pembelian hingga situasi yang dianggap lebih stabil,” ujar Billy, dikutip dari keterangannya, Sabtu 18 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya