Ternyata Ada Ribuan Toyota Avanza Berbahan Bakar Gas Seliweran di Jalan

Toyota Avanza Blue Bird CNG
Sumber :
  • Dok. Bluebird

VIVA – Toyota Avanza menjadi salah satu armada taksi Bluebird sejak sejak beberapa tahun silam. Bahkan ada ribuan unit Avanza berlogo burung biru tersebut sudah dikonversi menggunakan bahan bakar gas.

Arab Saudi Uji Coba Taksi Terbang Tanpa Pilot untuk Angkut Jemaah Haji

Sehingga jangan heran jika menemui Toyota Avanza memasuki SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas), dan ikut antre bersamaan dengan bus Trans Jakarta, atau bajaj yang sama-sama memakai gas.

Presiden Direktur PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono, mengatakan, pengoperasian armada CNG (Compressed Natural Gas) bagian komitmen perusahaan untuk menekan emisi karbon, atau polusi udara.

Daftar Pilihan Mobil Toyota per Juni 2024 Harga Rp 200 Jutaan

“Kami berkomitmen untuk berkontribusi pada lingkungan yang lebih baik. Armada CNG kami yang terus berkembang adalah bukti dari visi kami untuk mengurangi emisi karbon sebesar 50 persen pada tahun 2030,” ujarnya, dikutip keterangan resminya, Jumat 24 Mei 2024.

Tidak banyak yang tahu sepertinya jika Bluebird memiliki taksi berbahan bakar gas sejak 2018 lalu. Sebab tampilan unitnya tidak ada yang berbeda dengan Avanza versi konvensional, atau berbahan bakar minyak.

Digemari Secara Ugal-ugalan, Byeon Woo Seok Dibuntuti 10 Taksi Fans Sasaeng di Taiwan

Terkecuali saat konsumen membuka bagasi belakang, terdapat tangki converter seperti galon yang terbuat dari bahan yang kuat, dan dapat bertahan dalam tekanan tinggi. Tapi tangki bahan bakar minyaknya tetap ada.

Pengisian BBM hanya dilakukan saat kondisi darurat, atau tidak ada SPBG terdekat. Artinya mesin mobil Low MPV tersebut punya dua sumber energi.

Seperti diketahui unit yang digunakan untuk taksi gas itu adalah Transmover, atau Avanza tipe terendah yang masih berpenggerak roda belakang dengan enjin berkapasitas 1.300cc.

Perusahaan taksi terbesar di Indonesia itu mengklaim bahwa unit Avanza yang sudah dikonversi menjadi CNG tersebut lebih rendah emisi 45 persen dari bahan bakar bensin.

“Dengan CNG kami tidak hanya mengurangi emisi, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan, dan kesehatan,” tuturnya.

Melalui keterangannya dijelaskan, bahwa sampai saat ini sudah ada 3.000 unit Avanza berbahan bakar gas yang dimiliki Bluebird. Dari jumlah tersebut diklaim sudah mengurangi emisi karbon sebanyak 162 rbu ton.

Perusahaan berlogo burung biru itu akan meremajakan armada taksi gasnya, namun tidak ada informasi terkait model barunya yang akan menggunakan motode serupa. Selain itu, mereka juga punya sejumlah armada taksi listrik berbasis baterai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya