Harga Hyundai Kona Electric Rakitan Lokal Dijual Rp 500 Jutaan, Siap Jegal Mobil Listrik China

Hyundai Kona Electric di IIMS 2024
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 25 Mei 2024 –  PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akan menjual All New Kona Electric rakitan lokal. Harga mobil listrik tersebut disebut bakal kompetitif, dan pastinya akan bersaing dengan mobil listrik asal China yang dijual di Tanah Air.

Tamu VIP Upacara HUT RI di IKN Cuma Boleh Naik Kendaraan Listrik

Hal tersebut disampaikan oleh Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto. Dia membeberkan bahwa penjualan Kona Electric tidak akan lama lagi di Tanah Air, dan harga jual sekitar Rp 500 jutaan.

"Range harganya betul sekitar Rp 500 jutaan. Harga tersebut sudah kita pantau dari sejak IIMS kemarin di bulan Februari," ujar Frans pada wartawan di Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta Utara, Jumat 24 Mei 2024.

Deretan Pilihan Mobil Honda per Juni 2024 Harga Rp 200 Jutaan

NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Kona Electric sendiri sudah didaftarkan di Samsat DKI Jakarta. Berdasarkan data yang tercantum SUV kompak itu hadir dalam 4 varian. 

Kode yang tercantum diberi nama NEWKONA EV4X2AT. Harga dasar termurahnya mulai dari Rp421 juta untuk tipe Prime, Rp436 juta tipe Signature, lalu Rp455 juta tipe PrimeXN, dan Rp470 juta tipr SignatureXN.

Kendaraan Listrik Bukan Satu-satunya Alat Memerangi Emisi Karbon

Tentu nilai dasar tersebut belum termasuk perhitungan pajak, biaya administrasi, hingga keuntungan perusahaan. Maka itu, cukup masuk akal jika kemungkinan harga resmi Kona Electric bakal dijual dikisaran Rp500 juta.

Kona Electric

Photo :
  • Arianti Widya

Kona Electric yang akan dijual sendiri merupakan generasi kedua, dan diprediksi akan dilengkapi baterai yang lebih besar kapasitasnya. Dengan begitu, jarak tempuh pun bakal lebih jauh, diyakini bisa capai 514 Km.

Untuk global sendiri, Kona Electric ditawarkan dalam dua opsi baterai yaitu 48,4 kWh dan 65,4 kWh. Versi 65,4 kWh baterai memiliki jarak tempuh 514 km. Baterai 65,4 kWh itu bisa dicharge dari 10-80 persen dalam waktu 41 menit. 

Mobil ini bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,8 detik. Mobil listrik yang sudah meluncur secara global sejak April 2023 ini, sudah pernah dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Februari lalu dan rencananya bakal dirakit secara lokal di pabrik Hyundai kawasan Cikarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya