Mengungkap Status Mobil Eks Mentan SYL yang Disembunyikan di Tanah Kosong

Syahrul Yasin Limpo (SYL)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sejak ditetapkan sebagai tersangka korupsi, sejumlah aset mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus ditelusuri, begitupun dengan kejanggalan mobil-mobil yang dimilikinya semasa menjabat.

Seserahan Nikah Sering Pakai Mobil Mewah, Kini Pati Dijuluki Kampung Maling

Sudah ada beberapa barang mewah yang sudah disita negara, terbaru ada Mitsubishi Pajero Sport yang ditemukan penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) di tanah kosong.

Mitsubishi New Pajero Sport

Photo :
  • Dok: MMKSI
Terpopuler: Penyebab Suzuki XL7 Hybrid Terbakar, Motor Tanpa Pelat Nomor di Pati

Lembaga anti rasuah itu menemukan satu unit Pajero Sport di lahan kosong Perumahan Bumi Permata Hijau, Kelurahan Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, mendapatkan informasi mobil yang diduga disembunyikan oleh orang terdekat tersangka SYL, tujuannya untuk menghindari pencarian dari tim penyidik.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 16 Juni 2024

“KPK ingatkan bagi siapa pun untuk tidak melakukan tindakan menghalangi proses penyidikan perkara ini, karena ada aturan hukum disertai sanski yang tegas bagi yang melakukannya,” ujar Ali, dikutip dari keterangannya, Sabtu 25 Mei 2024.

Terkait statusnya, Pajero Sport berwarna putih dengan pelat nomor B 1686 HM itu adalah tipe 2.4 Dakar 4x2 lansiran 2022, berdasarkan informasi Samsat DKI Jakarta. Artinya mobil gagah tersebut adalah versi facelift.

Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) tersebut memiliki nilai jual Rp427 juta, dan status TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) tersebut sudah diblokir.

Pajero Sport yang dijual saat ini adalah model facelift yang mengaspal di Tanah Air pada Februari 2021. Mengusung tema ‘Live Adventure’, dengan desain yang lebih moderen dan gagah dibandingkan versi sebelumnya. 

Untuk kepraktisan, penggunanya bisa membuka bagasi belakang hanya dengan ayunan kaki, lalu sunroof tetap dipertahankan, layar Multi Information Display (MID) tipe terendah 4,2 inci, tipe menegah dan tertinggi layarnya lebih besar, yakni 8 inci LCD full warna.

Sistem hiburannya didukung head unit berukuran 8 inci layar sentuh, yang dapat terintergrasi dengan smartphone, dilengkapi fitur navigasi. Sistem keamanannya meliputi dual airbags, seat belt tiga titk dengan pretensioner ganda pembatas kekuatan.

Pajero Sport yang disita KPK itu mengandalkan mesin diesel MIVEC 2.400cc. Berkat dukungan turbo tenaganya mencapai 181 PS, disalurkan melalui transmisi matik 8-percepatan, dan manual 5-percepatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya