Kenali Tanda-tanda Bushing Mobil Anda Telah Rusak

Karet bushing mobil.
Sumber :
  • Elephantracing

VIVA.co.id – Ukurannya memang tidak besar. Namun, karet kecil ini punya peran penting untuk menjaga kestabilan mobil. Ya, namanya bushing arm dan stabilizer. Bersama shockbreaker, ball joint dan tei rod, alat ini menjadi penjaga kestabilan kaki-kaki sebuah kendaraan.

Dukung Kelancaran Perjalanan Mudik, Wuling Siapkan 55 Bengkel Siaga

Namun yang menjadi masalah, masih banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui ciri-ciri bushing telah rusak. Padahal jika dirasakan akan sangat terasa kendaraan Anda limbung dan handling menjadi kurang stabil. Nah, kali ini Wawan, Kepala Bengkel Lili Shockbreaker, akan membeberkan ciri-ciri bushing telah rusak.

Menurut Wawan, tanda-tanda kerusakan bushing ini akan terlihat saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi dimana handling akan terasa limbung saat melewati permukaan jalan yang tidak rata.

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, Bos Lion Air Rusdi Kirana Ungkap Harapannya

“Biasanya jika bushing pada mobil bermasalah kita akan mendengar suara 'kreot' ketika melewati jalanan berlubang," ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Ia mengatakan, untuk merasakannya juga bisa saat mobil melewati jalan bergelombang. Kata dia, bushing yang rusak akan mengubah sedikit arah mobil meski lingkar kemudi tidak digerakkan. Jika sudah merasakan dua gejala tersebut, segera lakukan pengecekan ke bengkel agar memastikan kondisi bushing rusak atau tidak.

Honda Ungkap Alasan Motor Listrik Belum Bisa Saingi Mesin Bensin

"Kondisi bushing yang sudah rusak pasti karetnya retak. Itu karena bushing yang tidak sempurna termakan oleh kerja yang terlalu berat dan jalanan rusak," katanya.
 

Apple iPhone.

Apple Izinkan iPhone Diperbaiki Pakai Suku Cadang Asli tapi Bekas

Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) Apple mengizinkan iPhone diperbaiki memakai suku cadang asli tapi bekas.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024