Mengenal Lebih Jauh Sasis Model Monocoque

Rangka mobil Toyota Calya
Sumber :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

VIVA.co.id – Monocoque adalah jenis sasis kendaraan yang didesain khusus untuk menggantikan sasis model ladder frame.

Dibuat di Dalam Negeri, Segini TKDN Bus Listrik MAB

Keunggulan monocoque ada pada bobot yang ringan, namun tetap ampuh melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan.

Umumnya, monocoque digunakan pada mobil yang diproduksi massal untuk keperluan pribadi. Menurut Trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia, Sugihendi, sasis sedan kebanyakan sudah monocoque.

MAB Siapkan Kembangkan Truk Listrik di Indonesia

Pada sasis model ini, terdapat dua zona yang dirancang khusus untuk menyerap benturan, yakni di depan dan belakang. Zona ini biasa disebut dengan istilah crumple zone.

"Bagian crumple zone di depan dan belakang berfungsi sebagai pelindung. Saat tabrakan, pasti hancur duluan. Tapi di kompartemen penumpang, sasis tetap utuh," ujarnya di Jakarta.

Imajinasi Liar Wujud Baru Lexus LC 500

Selain lebih aman, sasis monocoque juga lebih stabil menyerap guncangan. Alhasil, pengalaman berkendara jadi lebih menyenangkan.

Namun, jika berbicara soal ketangguhan, Sugihendi mengatakan, sasis ladder frame lebih unggul.

"Mobil yang pakai sasis ladder frame, saya akui lebih tangguh. Tapi, balik lagi ke kebutuhannya. Kalau bicara mobil penumpang, monocoque lebih nyaman," jelasnya.

Proses evakuasi kecelakaan bus SMK Lingga Kencana Depok di Ciater, Subang

Selain Belum Uji KIR, Sasis Bus Maut yang Kecelakaan di Subang Sudah Berusia 18 Tahun

Banyak fakta baru yang terungkap pada bus pariwisata yang membawa pelajar SMK Lingga Kencana Depok dan kecelakaan di Ciater, Subang. Ternyata, bus itu berusia 18 tahun..

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024