Penonton Asing Terpukau Hebatnya Sirkuit Mandalika

Tribun Mandalika.
Sumber :
  • VIVA Otomotif.

VIVA – Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat telah sukses menggelar seri terakhir World Superbike atau WSBK 2021. Bahkan, lintasan yang baru saja diresmikan tersebut tak hanya dipenuhi penonton nasional, melainkan juga luar negeri.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Meski masih ada sedikit kekurangan dalam hal infrastruktur, terutama di pintu masuk yang sempat tergenang air akibat hujan, namun secara keseluruhan, pembalap dan penonton mengagumi sirkuit yang berlokasi di dekat pantai tersebut.

Kami dari redaksi VIVA Otomotif mendapat kesempatan untuk menyaksikan balapan langsung di tribun VIP. Tak jauh dari kami, ada sejumlah warga asing yang turut antusias dan bersorak selama jalannya perlombaan.

Aprilia Luncurkan Motor Edisi Spesial RSV4

"What a circuit, what an atmosphere (sirkuit luar biasa, atmosfer mengagumkan)," ujar salah seorang penonton asing laki-laki kepada wanita di sebelahnya, dikutip VIVA Otomotif, Senin 22 November 2021.

Sirkuit Mandalika

Photo :
MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

Sementara tepat berada di depan kami, ada sepasang suami-istri dari Jepang yang datang ke Lombok untuk berlibur dan menyaksikan WSBK. Saat kami temui, mereka mengatakan, Sirkuit Mandalika memiliki keunggulan yang tak dimiliki sirkuit lainnya, yakni panorama alam yang indah.

"Ya, kau lihat bukit-bukit dan laut itu? Bukankah itu indah? Sirkuit ini menakjubkan, kami senang ada di sini," tutur salah satu dari mereka kepada VIVA Otomotif. 

Meski demikian, ada satu hal yang membuat pengalaman menontonnya kurang maksimal, yakni tidak adanya layar atau monitor di sekitar tribun untuk memantau jalannya perlombaan.

"Jika ada, mungkin akan lebih seru. Kami tak bisa memantau lomba, hanya sekilas saat melintas saja," kata dia.

Diketahui, Sirkuit Mandalika sendiri memang belum sepenuhnya selesai. Masih ada sejumlah penyempuraan, terutama di luar area lintasan. Rencananya, sirkuit sepanjang 5,5 kilometer tersebut akan menggelar seri MotoGP pada Maret 2021 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya