Honda Luncurkan Motor Bebek Baru, Kawin Silang Supra Fit dan Revo

Honda Biz 110i
Sumber :
  • Honda

VIVA – Setiap negara memiliki pangsa pasar yang berbeda terhadap jenis sepeda motor, di Indonesia motor matik masih menjadi primadona. Setiap tahun jutaan kendaraan roda dua jenis tersebut terjual dari berbagai brand.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Meski matik menjadi tulang punggung, namun motor bebek atau moped masih dipertahankan oleh beberapa produsen di pasar Indonesia. Mengingat meski pasarnya kecil namun motor tersebut sempat popular di RI.

Ada beberapa motor bebek yang sudah cukup lama hadir di pasar Indonesia, dan masih dijual hingga saat ini. Khusus mesin di bawah 150cc diantaranya Yamaha Vega Force, Jupiter Z1, Honda Revo X, dan Supra X 125 FI.

Muncul Sinyal Honda Revo Baru di Indonesia

Namun motor-motor bebek tersebut tidak lagi diberikan pembaharuan total dalam jangka waktu yang sudah cukup lama. Produsen hanya sekadar memberikan penyegaran, atau pilihan warna baru untuk produk mereka.

Meski di Indonesia peminat motor jenis tersebut kurang bergairah, berbeda dengan negara lain seperti halnya Brazil. Di negara tempat kelahiran para pesepak bola ternama itu ada beberapa motor bebek yang masih eksis.

'Supra Bapak' Penolong Marc Marquez

Mengingat pasarnya yang masih menjanjikan, maka produsen motor Honda di Brazil memberikan penyegaran untuk motor bebek andalannya, yaitu Biz 110i edisi 2022. Sekilas desainnya masih serupa dengan versi sebelumnya.

Melansir Greatbiker dikutip Viva Otomotif, Jumat 18 Februari 2022, pabrikan motor berlambang sayap mengepak itu memberikan penyegaran untuk Honda Biz 110i pada beberapa bagian, salah satunya meningkatkan sistem keamanan.

Sebelumnya pengereman depan masih tromol, kini diubah menjadi cakram dengan ukuran piringan 220 mili meter, dan kaliper satu piston. Sedangkan pengereman belakang tetap tromol dengan suspensi depan teleskopik, dan belakang model ganda.

Pelek jari-jari tetap dipertahankan, dengan ukuran 17 inci dibalut ban 60 per 100 pada bagian depan, dan belakang 80 per 100. Motor dengan bobot maksimal 100 kilogram itu secara bentuk seperti kawin silang Supra Fit dan Revo.

Soal dapur pacunya Honda Biz dipersenjatai mesin 109,1cc satu silinder dengan sistem pengabutan injeksi PGM-FI, bertransmisi manual non kopling empat percepatan. Kapasitas tangkinya dapat menampung bahan bakar 5,1 liter.

Motor tersebut  dibanderol sekitar Rp22 jutaan atau 51 ribu baht di pasar Thailand, lebih mahal dari Honda Wave di negeri gajah putih yang hanya 36 ribu baht atau Rp16 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya