Spesifikasi Motor Matik Suzuki yang Bisa Jadi Ancaman Vespa

Suzuki Saluto 125 edisi 2022
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Vespa menjadi salah satu brand yang memilki ciri khas pada setiap lini produknya. Menyajikan motor matik bergaya retro, jenama asal Italia itu berhasil membius masyarakat dengan penjualan yang cukup menjanjikan.

Terpopuler: Pemenang Lelang Vespa Babe Cabita, Spesifikasi Mobil Rp105 Juta Irit BBM

Namun melihat masih ada celah di segmen tersebut, beberapa brand Jepang mulai menciptakan produk sejenis untuk menjegal Vespa. Salah satunya Honda SH150i, dan Suzuki Saluto 125 yang hadir di Taiwan pada 2020.

Suzuki Saluto 125

Photo :
Pemenang Lelang Vespa Babe Cabita Bukan Orang Sembarangan, Ini Buktinya

Mengejewantahkan anak muda yang doyan gaya klasik, Suzuki Saluto 125 sebagai pendatang baru cukup menyita perhatian. Sempat dirumorkan masuk pasar dalam negeri, namun produsen Suzuki di RI belum memberikan sinyal.

Meski masih berumur jagung, Suzuki Saluto sudah diberikan penyegaran untuk edisi 2022. Melansir Greatbikers, dikutip Viva Otomotif, Senin 21 Februari 2022, perubahannya meliputi warna, dan peningkatan fitur.

Tipe dan Spesifikasi Vespa Babe Cabita yang Terjual Rp 212 Juta

Motor matik berlogo S tersebut mendapatkan penyesuaian ECU atau Engine Control Unit, dan saluran pembuangan alias knalpotnya demi menekan kandungan emisi gas buang agar sesuai dengan peraturan baru di Taiwan soal polusi.

Dipersenjatai mesin satu silinder 124cc SOHC yang tenaga maksimalnya hanya 10 Newton meter pada putara 6.000 rpm. Suzuki mengklaim mesin tersebut hanya butuh satu liter bensin untuk menempuh jarak 51,1 kilometer.

Namun dengan perubahan pada sistem pengapian, dan penyaluran bahan bakar ke sistem injeksi demi menekan emisi, pabrikan motor asal Jepang itu mengklaim konsumsi BBM-nya menjadi lebih irit dengan pencapaian 62,1 km per liter.

Selain perubahan pada sistem tersebut, matik yang menjadi pesaing Vespa LX 125 itu mendapatkan warna baru, yakni luca green, dan genoa red dengan perpaduan hitam pada bagian dasgboard, serta pijakan kakinya.

Penerangan utamanya LED dengan DRL (Daytime Running Light) sebagai pemanis, demi unsur klasik speedometer dikombinasikan antara analog dan digital. Selain itu. lampu pengereman belakang dan sein sudah didukung LED.

Untuk menyalakan mesin hanya perlu memutar knop, tanpa memasukan anak kunci karena sudah smart keyless. Terdapat USB port untuk mengisi daya smartphone di laci depan dashboard, jok dibalut bahan semi kulit dan behel krom.

Pada sektor kaki-kaki, desainnya juga terlihat manis dengan berbekal velg racing berukuran 10 inci yang dibalut ban 100/90 secara ukuran sama dengan Vespa. Pengereman depan cakram, dan belakang masih tromol, yang dipadukan dua suspensi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya