Honda Motor akan Berhenti Memproduksi Model Super Four

Ilustrasi gambar motor Honda Super Four
Sumber :
  • Honda

VIVA  – Saat ini beberapa produsen otomotif baik itu mobil maupun motor menyetop proses produksinya. Salah satunya yang sedang mengalami hal itu adalah Honda Motor Company, Ltd yang secara resmi mengumumkan akan menghentikan beberapa model sepeda motor.

Kawasaki Ninja ZX-25R dan ZX-4RR di Indonesia Kena Recall karena Masalah Rangka?

Perusahaan yang berbasis di Jepang ini menghentikan enam model, termasuk CB400 Super Four empat silinder. Hal itu dikarenakan peraturan negara di sana yang harus mengurangi gas buang emisi.

Dikutip VIVA Otomotif dari AsiaOne, Selasa 31 Mei 2022, bagi para sepeda motor yang gagal memenuhi standar peraturan tersebut harus diperbarui atau dihentikan. Namun, pihak perusahaan memutuskan untuk menghentikan Super Four.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Ilustrasi gambar motor Honda Super Four Terbaru

Photo :
  • Honda

Diketahui, tidak hanya model itu saja yang dihentikan, melainkan ada model lainnya yakni Honda CB 400 SB, CB1100, dan Gold Wing. Model-model tersebut akan berhenti produksi pada bulan Oktober tahun ini.

Kawasaki Ninja ZX-25R Dijual Bekas, Harga Bikin Kaget

Meski begitu, perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1948 itu tetap merilis dua model edisi Final sebelum menghentikan produksinya. Hal itu dikarenakan untuk memenuhi para pelanggannya yang sudah menunggu model barunya tersebut.

Pada dua model barunya itu diberi nama Honda CB400 Super Four dan Super Bol d'Or Final Edition. Nantinya, kedua kuda besi ini akan hadir dalam waktu dekat untuk pasar global. Namun, sangat di sayang model Final Edition ini tidak akan datang ke Singapura.

Menurut perusahaan, dua model barunya ini hadir dalam tiga pilihan warna mulai dari Candy Atmospheric Red, Darkness Black Metallic, hingga Atmosphere Blue Metallic. Warna-warna tersebut terinspirasi dari skema cat Honda Racing Corporation.

Selain warna baru, tidak ada perubahan lainnya pada sepeda motor. Kedua model ini masih menggunakan mesin empat silinder berpendingin cairan 399cc yang sama. Mesinya tersebut mampu menghasilkan tenaga 56 daya kuda dengan torsi mencapai 39 Newton meter.

Ditambah, mesinya tersebut dibekali dengan transmisi enam kecepatan dari model standar. Bahkan konsol instrumen semi-digital tetap tidak berubah masih sama dengan versi sebelumnnya. 

Sedikit informasi, untuk harga dari model Final Edition ini dibanderol 884.400 Yen atau setara Rp101 juta dalam varian CB400 Super Four. Sementara, untuk versi Bol d'Or dihargai 1.040.600 Yen atau sekitar Rp118 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya