Motor Listrik Diklaim Lebih Cocok Pakai Sistem Swap Baterai

Savart S-1
Sumber :
  • Arianti Widya

Tangerang, 30 Oktober 2023 – Penggunaan motor listrik di Indonesia mulai menunjukkan eksistensinya. Kemudahan terus dihadirkan untuk para pengguna demi percepatan elektrifikasi di Tanah Air, seperti dengan adanya baterai Swap. 

Ingin Duet Lagi di Pilkada Jatim, Khofifah Akui Merasa Nyaman dan Produktif bersama Emil

Billy Wibisono selaku Product and Service Development Planet Ban menyampaikan bahwa baterai swap menjadi salah satu kebutuhan masyarakat pengguna motor listrik karena pemakaiannya sangat mudah. 

"Pengguna motor listrik lebih membutuhkan baterai swap, kenapa? karena mereka tidak perlu khawatir. Kalau baterainya habis ya tinggal tukar. Kalau baterainya rusak, nanti akan ditanggung sama pengelola baterai dan harga pun juga lebih murah," ujar Billy saat ditemui di Hall 10, ICE BSD, Tangerang, dikutip VIVA Otomotif

SEVA Hadir di Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi 2024

Stasiun penukaran baterai (kiri) dan home charging (kanan) dari Savart Motors

Photo :
  • Arianti Widya

Melihat kemudahan dari Swap baterai, PT Garda Nasional Indonesia yang menaungi Savart Motors melakukan kerja sama dengan Planet Ban dalam penyediaan fasilitas penukaran baterai untuk para konsumen motor listrik Savart. 

BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

Hal tersebut dianggap akan lebih memudahkan  konsumen dalam menukar baterai motor listrik mereka di Planet Ban, salah satu bengkel franchise yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, menurut William Ekaputra Taifan sebagai CEO Savart Motors. 

"Dengan sistem sewa ini pelanggan tidak perlu khawatir tentang kondisi baterainya. Savart juga menjamin semua baterai dalam kondisi sehat dan layak digunakan," kata William di kesempatan yang sama. 

William mengungkapkan Savart mematok biaya langganan mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 420 ribu per bulan atau 1.000 kilometer untuk sistem penukaran baterai motor listrik. 

Battery Pack Savart Motors

Photo :
  • Arianti Widya

Untuk diketahui, pengadaan fasilitas penukaran baterai ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan animo konsumen. 

Savart Motors sendiri merupakan salah satu produsen motor listrik asal Sidoarjo, Jawa Timur dan memiliki pabrik rakitan sendiri di daerah Mojokerto

Secara perdana, Savart Motors telah meluncurkan kendaraan model pertama mereka yaitu Savart S-1 dan tipe S-1P pada hari pembukaan Indonesia Motorcycle Show atau IMOS 2023 pada Rabu, 25 Oktober, 2023. 

Berkaitan dengan harga, Savart S-1 dibanderol Rp 42 juta dan S-1P Insigna Rp 45 juta. Keduanya merupakan harga tanpa baterai. Bila satu paket dengan baterai dan charger, Savart S-1 ditawarkan dengan harga Rp 58 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya