Produksi Sepeda Motor KTM akan Dipindah ke China

Ilustrasi gambar motor KTM RC edisi MotoGP
Sumber :
  • KTM

Jerman, 26 Desember 2023 – Induk dari produsen sepeda motor asal Austria KTM, yakni Pierer Mobility AG mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan sebagian produksi sepeda motor KTM ke China.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Cycleworld, pemindahan fasilitas produksi ini dilakukan, untuk mengurangi memangkas biaya operasional dan meningkatkan efisiensi.

Pierer Mobility AG mengatakan bahwa mereka akan bermitra dengan perusahaan China, CFMoto, untuk memproduksi sepeda motor KTM di China. Produksi di China akan dimulai pada tahun 2024.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Selain itu, mereka juga bakal memproduksi beberapa model di pabrik Bajaj yang berlokasi di India, lewat kemitraan yang sudah terjalin sebelumnya.

Booth KTM di IMOS 2022

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Pemindahan produksi ini akan berdampak pada beberapa pabrik KTM di Eropa. Pabrik KTM di Austria akan memproduksi sepeda motor KTM kelas atas, sedangkan pabrik KTM di India akan memproduksi sepeda motor KTM kelas menengah dan bawah.

Pierer Mobility AG mengatakan bahwa mereka akan terus memproduksi sepeda motor KTM di Eropa, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil. Pergerakan ini merupakan bagian dari strategi Pierer Mobility AG untuk meningkatkan profitabilitas.

Pemindahan produksi KTM ke China ini mendapat reaksi beragam dari para penggemar sepeda motor. Beberapa penggemar menyambut baik pergerakan ini, karena dapat menurunkan harga sepeda motor KTM.

Namun, beberapa penggemar lainnya kecewa karena khawatir kualitas sepeda motor KTM akan menurun akibat adanya anggapan bahwa produk yang dibuat di kawasan Asia memiliki nilai merek yang lebih rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya