Ini Alasan Suzuki Burgman Street 125 EX Belum Pakai Keyless

Suzuki Burgman Street 125 EX
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Bekasi, 29 Januari 2024 – Suzuki Burgman Street 125 EX resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan November 2022 lalu. Sepeda motor matik bertubuh bongsor ini menawarkan berbagai fitur modern, seperti mesin SEP-α, lampu LED, dan panel instrumen digital.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Namun, ada satu fitur yang masih belum disematkan pada Burgman Street 125 EX, yaitu sistem kunci keyless di mana untuk menghidupkan mesin tidak lagi memerlukan kunci kontak.

Padahal, keyless merupakan fitur yang sudah menjadi standar di berbagai skutik modern karena memberikan kemudahan bagi pengendara dalam menyalakan mesin dan membuka bagasi.

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Lalu, mengapa Suzuki Burgman Street 125 EX belum pakai keyless? Menurut Assistant Manager Styling Design Group Motorcycle Marketing and Planning Department Suzuki Motor Corporation, Matsuzawa Shuji, hal itu dikarenakan Burgman Street 125 EX merupakan model standar yang didatangkan dari India.

Suzuki Burgman Street 125 EX

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Motor ini merupakan model standar dari yang dipasarkan di India, dan memang di sana tidak dilengkapi dengan sistem keyless,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif saat sesi uji berkendara di Cikarang.

Meski demikian, Shuji-san menuturkan bahwa ke depannya tidak menutup kemungkinan Suzuki akan menyematkan fitur yang bisa membuat sepeda motor menjadi lebih aman dari tindak pencurian itu.

"Ke depan kami pertimbangkan untuk pakai keyless itu,” tuturnya.

Meski belum pakai keyless, Suzuki Burgman Street 125 EX tetap menawarkan berbagai keunggulan lainnya. Skutik ini dibekali mesin SEP-α berkapasitas 125 cc yang menghasilkan tenaga 8,4 daya kuda dan torsi 10 Newton meter.

Selain itu, Burgman Street 125 EX juga dilengkapi dengan lampu LED, panel instrumen digital, dan fitur Engine Auto Start-Stop yang akan mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti lebih dari 3 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya