5 Fakta Terbaru Suzuki Burgman Street 125 EX

Suzuki Burgman Street 125 EX
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 31 Januari 2024 Suzuki Burgman Street 125 EX menjadi salah satu sepeda motor baru, yang meramaikan pasar otomotif Indonesia pada Oktober tahun 2023. Kendaraan ini masuk ke dalam kategori skuter matik, dan memiliki bodi yang bongsor.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Setidaknya ada lima fakta menarik yang dirangkum VIVA Otomotif dari pertemuan dengan perwakilan Suzuki Jepang itu serta pihak SIS. Berkut daftarnya:

1. Penjualan Melebihi Ekspektasi
Suzuki Indonesia mengaku, bahwa mereka tidak menyangka Burgman Street 125 EX akan mendapat respons yang positif dari pasar otomotif nasional. Hal itu terbukti, dari angka penjualan yang sudah mencapai 1.000 unit sebelum peluncuran digelar.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

"Pesanannya lebih besar daripada perkiraan. Awalnya target 5.000-6.000 unit setahun. Tapi sekarang lebih, sebulan mungkin 500-600 unit," ujar Marketing Director Division Head Sales dan Marketing 2 Wheel SIS, Shinozaki Yohei.

Suzuki Burgman Street 125 EX

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati
Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

2. Ban Sudah Tersedia Versi Aftermarket
Roda sepeda motor yang dipasarkan dengan harga Rp24,7 juta on the road DKI Jakarta ini menggunakan ukuran 100/80 dengan diameter 12 inci di bagian belakang, serta 90/90 R12 pada sektor depan. Produk aftermarket-nya sudah tersedia, mulai dari merek Aspira, Corsa, Pirelli, hingga FDR.

“Motor ini kan produk global yang dibuat di India, di sana ukuran ban belakangnya 10 inci. Jadi sudah kami ubah, sesuai dengan pasar di Indonesia,” tutur Assistant Manager Styling Design Group Motorcycle Marketing and Planning Department Suzuki Motor Corporation, Matsuzawa Shuji.

3. Dioptimalkan untuk Hemat Bensin

Suzuki Burgman Street 125EX

Photo :
  • Arianti Widya


Suzuki Burgman Street 125 EX dilengkapi dengan mesin 125cc berteknologi Suzuki Eco Performance Alpha, serta fitur Engine Auto Start-Stop. Komponen ECU juga diatur, agar bisa menghasilkan tenaga optimal pada kecepatan rendah dan hemat bensin ketika melaju kencang.

“Mesin diatur supaya bisa hemat bahan bakar, konsumsi bensinnya bisa mencapai 52,6 kilometer per liter,” ungkap Shuji-san.

4. Produk Global
Shuji-san mengungkapkan, bahwa Burgman Street 125 EX yang dipasarkan di Indonesia tidak berbeda jauh dari yang dijual di negara-negara lain. Sebab, proses produksinya dilakukan di satu tempat saja yakni di India dan menggunakan basis yang sama.

“Rangkanya tidak diubah, jadi apa yang dijual di Indonesia sama dengan di negara lain. Termasuk bagasi yang ukurannya bisa muat helm,” jelasnya.

5. Aksesori Resmi
Suzuki memastikan, bahwa nantinya mereka akan menyediakan aksesori resmi untuk sepeda motor tersebut. Hanya saja, belum bisa dipastikan apa saja jenisnya dan kapan mulai ditawarkan ke konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya