Motor Listrik Tunggangan Gibran saat Kampanye, Mejeng di IIMS 2024

Mobil listrik yang ditunggangi Gibran Rakabuming saat kampanye mejeng di IIMS
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 diwarnai banyak kemeriahan. Ada beragam merek yang hadir ajang bergengsi, yang berlangsung di JIEXpo Kemayoran, Jakarta.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Selain pabrikan besar, hadir pula merek-merek baru yang tampil perdana di lantai pameran IIMS 2024, masing-masing juga membawa keunikan tersendiri.

Salah satu merek unik yang hadir di IIMS 2024 adalah PT Mobil Electric Nasional, yang menaungi Neu Green, perusahaan motor listrik dengan basis perakitan di Gresik, Jawa Timur dan buatan anak bangsa.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Momen Gibran Naik Motor Listrik di GBK

Photo :
  • Youtube: Waktunya Indonesia Maju

Satu hal yang unik dari merek ini, ternyata salah satu produknya berupa motor listrik sport pernah ditunggangi oleh Gibran Rakabuming Raka, salah satu Calon Wakil Presiden Pemilu 2024.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Motor listrik tersebut bahkan pernah digunakan Gibran saat melakukan kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu, 10 Oktober 2024 minggu lalu.

Indra Novint Noviansyah selaku Marketing Director Neu Green menyampaikan bahwa Gibran Rakabuming sudah mengetahui soal merek motor listrik produksinya melalui Raffi Ahmad. Tidak hanya itu, sang Cawapres bahkan jadi salah satu pihak pertama yang melakukan pemesanan.

"Awalnya, motor listrik milik saya ini dikenalin oleh Raffi Ahmad saat sunmori bareng artis waktu itu. Terus, Gibran ternyata tertarik bahkan beliau menyatakan akan membeli motor ini. Jadi kita keep nih," ujar Novint saat ditemui di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, dikutip VIVA Otomotif.

Menurut Novint, salah satu faktor yang membuat Gibran tertarik dengan motor listrik buatan anak negeri ini adalah karena kendaraan nya sudah memenuhi angka TKDN melebihi 40 persen.

"Motor listrik yang dipakai Gibran ini sudah mencapai angka TKDN 40 persen, baterainya ini sudah buatan lokal dari Gotion terus juga sudah di rakit lokal, di Gresik buatan anak bangsa," tuturnya.

Novint pun mengatakan setelah dipakai oleh Cawapres Gibran, pihaknya mendapatkan banyak orderan sehingga unit yang ready itu habis.

"Alhamdulillah, kita sudah mendapatkan banyak orderan saat ini unit kita yang ready baru berapa puluh unit bisa dibilang habis," kata Novint.

Berkaitan spek, Neu Series yang digunakan oleh Gibran ini menggunakan baterai Lithium-ion lansiran Gotion dengan klaim daya jelajah sejauh 150 kilometer.

Baterai tersebut dikawinkan dengan dinamo jenis hub-drive berdaya 5.000 Kilowatt. Angka tersebut mampu menbuat motor listrik ini melaju hingga kecepatan 150 km/jam.

Menyoal harga, Neu Series ini memiliki harga Rp75 Juta untuk warna biru seperti yang ditunggangi Gibran, lalu untuk warna lain seharga Rp60 juta OTR DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya