Paling Sering Kecelakaan, Polisi Bakal Larang Mudik Naik Sepeda Motor?

Pemudik Motor Berbondong-bondong Tinggalkan Jakarta
Sumber :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Jakarta, 6 Maret 2024 – Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan bahwa pada tahun lalu sepeda motor mendominasi kecelakaan lalu lintas saat musim mudik lebaran.

Menteri Kontroversial Israel Kecelakaan, Mobilnya Terbalik Usai Terobos Lampu Merah

“Dengan data tersebut, sebaiknya teman-teman masyarakat Indonesia yang akan mudik tidak menggunakan sepeda motor. Karena, sangat potensial terjadi kecelakaan lalu lintas,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman Humas Polri.

Meski demikian, Kakorlantas menuturkan bahwa pihaknya tidak akan melarang masyarakat Indonesia yang ingin pulang kampung menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

“Untuk sepeda motor, kami tidak melarang. Artinya tidak melarang, tapi mengimbau,” tuturnya.

Pemudik Motor Berbondong-bondong Tinggalkan Jakarta

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim
Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Menurut Aan, ada empat hal tentang keselamatan berlalu lintas yang perlu diperhatikan pemudik motor ketika akan melakukan perjalanan jauh untuk merayakan lebaran di kampung halaman.

“Yang pertama, pastikan sepeda motor itu sehat. Yang kedua, manusianya juga sehat. Yang ketiga, perlengkapan, helm, kemudian sepatu, jaket untuk melindungi diri,” ungkapnya.

“Yang keempat waktu istirahat, tolong dimanfaatkan betul, karena maksimal dua jam itu sudah lelah, konsentrasi sudah kurang. Jadi, dua jam silakan minggir ke rest area, istirahat. Minimal (istirahat) kalau (naik) sepeda motor 30 menit,” jelasnya.

Masyarakat, kata Aan juga dapat memanfaatkan layanan mudik gratis yang disediakan oleh beberapa instansi maupun pihak swasta. Bahkan, ada juga yang menawarkan pulang kampung dengan membawa sepeda motor mereka menggunakan truk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya