Hari Kedua Operasi Ketupat 2024: Terjadi 185 Kecelakaan Motor yang Sebabkan 25 Orang Tewas

Pemudik motor mulai padati jalur Pantura Cirebon.
Sumber :
  • tvOne-Erfan Septyawan

Jakarta, 6 April 2024 –  Operasi Ketupat 2024 telah dimulai sejak Kamis 4 April 2024 guna mengamankan jalannya arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Polisi mengungkapkan bahwa kecelakaan motor masih menjadi penyumbang terbesar angka kecelakaan.

Mobil Dinas Polri Tabrak Lari Pemotor di Depok, Polisi: Oknum Diperiksa Satlantas

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus. Dia menyebut sudah ada ratusan kecelakaan motor yang terjadi, hingga menyebabkan 25 orang meninggal dunia.

"Angka kecelakaan tertinggi itu roda dua, sebanyak 70 persen. Ini baru hari kedua operasi ketupat sudah ada 185 kecelakaan di Indonesia. Yang meninggal selama 2 hari ini, ada 25 orang. (Artinya) rata-rata 1 hari ada 12 orang meninggal dunia," ucap Yusri Yunus saat melepas rombongan bus pemudik dari AHM, Sabtu 9 April 2024.

Bicara Kasus yang Menyeret Sang Adik, Via Vallen: Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab

 Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjrn Yusri Yunus

Photo :
  • ANTARA

Maka itu, Yusri mengapresiasi para pemudik yang menggunakan alat transportasi umum ketimbang motor karena lebih aman. Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan tetap mengimbau hal yang sama.

Buntut Kasus Penggelapan Motor, Via Vallen Makin Bongkar Tabiat Buruk Sang Adik

"Untuk sepeda motor itu kami tidak melarang, artinya tidak melarang, tetapi mengimbau," kata Aan, pada bulan lalu.

Aan menjelaskan mudik menggunakan sepeda motor rawan menimbulkan kecelakaan, terlebih pemudik menggunakan kendaraan sambil membawa barang dalam jumlah banyak. Bahkan ada yang memodifikasi motornya agar bisa mengangkut banyak barang. "Melihat angka kecelakaan lalu lintas yang ada, sekitar 73 persen sepeda motor itu menjadi korban atau terlibat kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

mudik gratis motor.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub.

Berkaca dari musim mudik 2023, Korlantas Polri mencatat ada 365 kasus kecelakan dalam periode 18-20 April, atau sampai H-2 lebaran. Diklaim menurun dibandingkan mudik 2022 yang mencapai 979 kasus kecelakaan.

Dari angka tahun lalu, sepeda motor masih menjadi penyumbang terbanyak kecelakaan, yakni mencapai 74 persen, diikuti bus 11 persen, dan mobil pribadi 2 persen. Secara keseluruhan korban ada 47 meninggal, 33 luka berat, dan 503 luka ringan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya