Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Mudik?

Ilustrasi menuang oli mesin mobil
Sumber :
  • Dok: PTPL

Jakarta, 18 Maret 2024 – Mudik merupakan momen yang dinanti-nantikan setiap tahun, untuk menghabiskan libur dan merayakan lebaran di kampung halaman. Mobil pun menjadi pilihan favorit, untuk bisa tiba di daerah asal masing-masing.

Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Namun, di balik keseruan perjalanan, terdapat satu aspek penting yang tak boleh luput dari perhatian, yaitu kondisi oli mesin. Banyak yang ingin tahu, kapan sebaiknya mengganti pelumas sebelum atau sesudah mudik?

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Hyundai Indonesia, oli mesin yang baru dan bersih memiliki peran krusial dalam kelancaran perjalanan. Berikut beberapa keuntungan jika mengganti sebelum melakukan perjalanan:

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Melumasi mesin dengan optimal
Oli baru mampu melapisi komponen mesin dengan sempurna, sehingga gesekan dan panas dapat diminimalisir. Hal ini menghasilkan performa mesin yang maksimal dan meminimalkan potensi kerusakan.

Mencegah overheating
Oli yang terawat membantu menjaga suhu mesin tetap ideal, sehingga terhindar dari risiko overheating yang berakibat fatal, seperti mogok di tengah perjalanan.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Namun mengganti sesudah mudik juga memiiliki keunggulan. Oli mesin tak luput dari kontaminasi selama perjalanan, seperti kotoran, debu, dan sisa pembakaran. Oleh karena itu, penggantian oli setelah perjalanan jauh memiliki manfaat:

Membersihkan mesin
Oli baru mampu membersihkan endapan kotoran dan debu yang menempel pada komponen mesin, sehingga menjaga performa dan keawetan mesin.

Mencegah kerusakan
Kontaminan pada oli lama dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin dan memicu kerusakan serius jika tidak segera dibersihkan.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk mengganti oli, sebelum atau sesudah perjalanan jauh? Jawabannya tergantung pada beberapa faktor:

Jarak tempuh
Jika jarak tempuh mobil sudah mendekati interval servis berikutnya, ganti oli sebelum perjalanan untuk memastikan performa optimal.

Kondisi oli
Periksa kondisi oli melalui dipstick. Jika oli terlihat keruh dan berwarna gelap, sebaiknya ganti oli sebelum perjalanan.

Riwayat perjalanan
Pertimbangkan kondisi perjalanan. Jika melalui medan yang berat atau macet parah, pergantian oli sebelum perjalanan lebih disarankan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya