Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Ilustrasi macet / mudik
Sumber :
  • Bridgestone Indonesia

Jakarta, 28 Maret 2024 – Mudik Lebaran 2024 semakin dekat, dan antusiasme para perantau untuk kembali ke kampung halaman sudah terasa.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Di tengah meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan, mudik dengan kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik menjadi pilihan yang menarik.

Namun, mudik dengan mobil listrik membutuhkan persiapan yang berbeda dibandingkan kendaraan konvensional. Baterai menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan, mengingat jarak tempuh yang terbatas dan masih minimnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa daerah.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Deputy Head of Original Equipment Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano mengatakan ada sejumlah faktor yang mempengaruhi jarak tempuh kendaraan listrik saat digunakan untuk mudik ke kampung halaman.

Pengecekan ban mobil / spooring / balancing

Photo :
  • Bridgestone Indonesia
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

“Suhu lingkungan akan mempengaruhi jarak tempuh kendaraan listrik dan kinerja baterai. Jangkauan yang
lebih luas dimungkinkan pada suhu lingkungan sedang. Sebaliknya, dalam cuaca yang sangat panas atau
dingin, jangkauan mobil listrik akan berkurang,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Berikut tips-tips jitu untuk mudik hemat baterai mobil listrik:

Perencanaan Matang
Rencanakan rute mudik dengan cermat, perhatikan lokasi SPKLU di sepanjang perjalanan dan perkirakan waktu pengisian daya. Gunakan aplikasi navigasi khusus mobil listrik yang menyediakan informasi SPKLU dan estimasi konsumsi baterai.

Kemudian, hindari membawa beban berlebihan, karena dapat meningkatkan konsumsi baterai. Pertimbangkan jumlah penumpang dan barang bawaan dengan cermat.

Pelajari karakteristik mobil listrik Anda, termasuk konsumsi baterai rata-rata dan waktu pengisian daya. Pahami juga jenis colokan SPKLU yang kompatibel dengan mobil Anda.

Gaya Mengemudi Hemat Energi
Hindari akselerasi dan pengereman mendadak. Berkendara dengan santai dan stabil akan membantu menghemat baterai. Manfaatkan fitur cruise control untuk menjaga kecepatan konstan di jalan tol, sehingga konsumsi baterai lebih efisien.

Manfaatkan juga sistem pengereman regeneratif, yang mengubah energi pengereman menjadi daya baterai. Lalu, matikan fitur yang tidak perlu seperti AC, radio, dan kursi berpemanas saat tidak digunakan.

Kondisi Jalan dan Pengaturan Kendaraan
Berkendara di tanjakan membutuhkan daya baterai lebih besar. Perlambat kecepatan dan gunakan mode Eco untuk menghemat baterai. Aktifkan mode Eco untuk mengoptimalkan pengaturan kendaraan dan menghemat baterai. Mode ini biasanya mengatur konsumsi energi AC, pemanas, dan performa mesin.

Perawatan Ban
Pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan angin yang rendah meningkatkan konsumsi baterai. Jangan lupa, periksa kondisi ban sebelum mudik. Ban yang aus atau bocor dapat menguras baterai dan membahayakan keselamatan.

Toko Model (TOMO) Bridgestone

Photo :
  • Bridgestone Indonesia

Sebagai informasi, Bridgestone Indonesia memiliki lebih dari 370 Toko Model (TOMO) yang tersebar di seluruh Indonesia. Tempat menyediakan layanan pemeriksaan tekanan angin ban dan kondisi ban gratis, yang bisa dimanfaatkan pemudik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya