Ngantuk tapi Dilarang Berhenti di Bahu Jalan Tol dan Rest Area Penuh, Apa yang harus Dilakukan?

Pemudik berhenti di bahu jalan tol
Sumber :
  • Instagram @korlantaspolri.ntmc

Jakarta, 8 April 2024 – Salah satu fenomena yang kerap terjadi saat mudik lebaran adalah banyaknya mobil yang berhenti di bahu jalan tol, dengan tujuan untuk sekadar melepas penat dan tidur sejenak karena pengemudi kelelahan.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Berhenti di bahu jalan dilakukan, karena rest area tempat para pengguna kendaraan beristirahat kondisinya sering penuh dan bahkan ditutup sementara akses masuknya.

Meski demikian, Kepolisian Negara Republik Indonesia mengimbau para pemudik untuk tidak beristirahat di bahu jalan demi keselamatan dan kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

“Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak istirahat menggunakan bahu jalan karena akan membahayakan dirinya, maupun orang lain serta menghambat perjalanan bagi calon pemudik lainnya,” ujar Juru Bicara Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, dikutip VIVA Otomotif dari laman Humas Polri.

Ilustrasi Rest Area di tol Cikopo Palimanan.

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali
Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Brigjen Trunoyudo menekankan pentingnya pemudik untuk selalu memastikan kondisi fisik pengemudi dan kendaraan dalam keadaan baik. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan rest area seefektif mungkin.

“Kami mengimbau, untuk beristirahat maksimal 30 menit di rest area. Apabila rest area penuh, dapat keluar menuju jalan arteri untuk beristirahat di beberapa titik,” jelasnya.

Brigjen Trunoyudo mengingatkan agar pemudik selalu menaati peraturan dan ketertiban lalu lintas. Keselamatan berkendara hingga sampai ke tujuan adalah yang utama.

“Polri siap melayani, mengamankan kepada seluruh pemudik sehingga kamseltibcarlantas dapat terwujud dengan baik,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya