Hindari Contraflow Jika Jam Terbang Menyetir Masih Kurang, Berbahaya!

Contraflow di Ciawi.
Sumber :
  • Jasa Marga.

Jakarta, 8 April 2024 –  Kecelakaan horor terjadi di Km 58 Tol Cikampek arah Jakarta yang menelan banyak korban jiwa saat diberlakukan contraflow. Perlu diingat bahwa, pengendara harus memiliki ekstra hati-hati saat melewati rekayasa lalu lintas ini.

Video Pemobil Tak Merasa Salah Setelah Bikin Pengendara Motor Kecelakaan

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Jules Abraham Abast mengatakan, kecelakaan berawal ketika mobil GrandMax dari arah Jakarta mogok dan menepi di jalur B.

"Mobil GrandMax yang berada di jalur contraflow arah Cikampek mengalami trouble. Kemudian mobil tersebut berupaya untuk menepi di bahu jalan kanan di jalur B yang mengarah ke Jakarta," kata dia, Senin, 8 April 2024.

Konsumen Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez, Segini Hasilnya 

Dua minibus terbakar di KM 58 Tol Cikampek arah Jakarta

Photo :
  • tvOne

Namun, dari arah belakang mobil GrandMax ini tiba-tiba dihantam oleh bus antar kota yang melintas. Alhasil, kecelakaan pun terjadi. Buntut kejadian itu membuat mobil GrandMax terbakar seketika. 

Usai Masalah Rem Kini Viral Gardan Belakang Mobil Omoda 5 Patah, Chery Lakukan Investigasi

"Selanjutnya juga ada satu Terios yang mengalami dampak dan menabrak bus dan juga ikut terbakar," kata dia.

Belajar dari peristiwa tersebut, contraflow sendiri adalah sistem rekayasa lalu lintas yang mengharuskan pengendara melalui jalur berlawanan arah. Di mana, pengendara menggunakan tambahan lajur yang diambil dari lajur dengan arah yang berlawanan. 

Ini dilakukan atas instruksi Polisi demi mengurai kemacetan. Tapi ada beberapa hal penting yang harus diketahui saat contraflow sebagaimana dikutip dari Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

"Pengemudi yang akan melewati jalur contraflow sebaiknya tidak dilakukan kalau dia tidak terbiasa dan tidak paham lokasi pintu exitnya dimana, jangan sampai nanti arah keluarnya semakin jauh dari tujuannya," ujar Sony belum lama ini.

Ilustrasi Contraflow di Tol Cikampek.

Photo :
  • Jabar

"Kalau jam terbangnya masih kurang, belum terbiasa berkendara di contraflow dan tidak bisa memainkan kecepatannya lebih baik hindari dulu," tambahnya.

Lebih lanjut, Sony menyatakan bahwa mobil yang melewati contraflow jangan sampai melewati jalur. Sebab, keluar jalur ke bagian kanan atau arah berlawanan makin berpotensi terjadinya kecelakaan hingga adu banteng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya