Ban Mobil Muncul Benjolan? Ini Solusi Mudahnya

Benjolan pada ban
Benjolan pada ban
Sumber :

VIVA.co.id – Ban tentu menjadi bagian vital bagi sebuah kendaraan. Kondisi ban yang bagus tentu akan meningkatkan performa kendaraan. Tapi terkadang situasi yang tak diinginkan datang menghampiri Anda. Selain ban bocor, terkadang juga ditemui kasus ban mobil Anda benjol.

Dilansir situs resmi Toyota, Senin 28 Maret 2016, ban benjol ini disebabkan karena masuknya udara di antara dua lapisan pembentuk ban. Udara itu akan berkembang saat ban dipakai di jalanan dan terkena panas baik itu dari gesekan maupun langsung dari matahari.

Udara yang mengembang dalam lapisan itulah yang membuat ban mobil Anda menjadi benjol. Dengan situasi ini, tentu selain performa kendaraan, kenyamanan dalam berkendara juga akan terganggu. Dan yang terburuk dapat mengakibatkan kecelakaan.

Ketidaktelitian saat proses produksi, pengisian angin dengan tekanan berlebihan, kurang tekanan angin hingga beban yang berlebihan menjadi beberapa penyebab ban muncul benjolan.

Untuk mendeteksi apakah ban Anda benjol atau tidak dapat melihatnya melalui getaran yang ditimbulkan saat kendaraan digunakan di jalanan yang lurus dan beraspal halus. Apabila getaran yang ditimbulkan sering ketika melaju kencang, itu artinya ban mengalami benjolan.

Jika ban Anda benjol solusi gampangnya tentu mengganti dengan yang baru. Sebab, penambalan tak akan bertahan lama dan akan menambah besar robekan. Tapi jika Anda berada dalam kondisi darurat, Anda dapat melakukan tips sederhana ini untuk menghilangkan benjolan itu.

Pertama tentu mempersiapkan peralatan yang diperlukan seperti penusuk (obeng kecil atau pun pisau kecil) dan kompresor. Cari bagian mana yang benjol lalu tusukkan penusuk. Tapi Anda harus hati-hati jangan sampai ban dalam terkena tusukan.