Puluhan Perempuan Muda di Malang Bagikan Bunga Ajak Warga Pilih Prabowo-Gibran

GenYZita dukung Prabowo-Gibran bagi-bagi bunga di Malang
Sumber :
  • Uki Rama (Malang)

Malang – Puluhan perempuan muda membagikan bunga di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Malang pada Sabtu, 6 Januari 2024 sore. Mereka adalah GenYZita yang beranggotakan para perempuan generasi Z dan Y.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

GenYZita telah mendeklarasikan dukungan ke pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Usai mendeklarasikan diri mereka membagikan bunga, atribut dan lainnya sebagai ajakan ke masyarakat untuk mendukung Prabowo-Gibran. 

Ketua Koordinator GenYZ Faizin menuturkan alasan di balik memutuskan mendukung Paslon 02 adalah program kerja dari pasangan calon 02 memiliki keterkaitan dan kesesuain dengan apa yang dirasakan. Diantaranya, stunting dan gender. 

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

"Misalnya saja program kerja tentang stunting, atau juga kesetaraan gender. Hal itu menarik perhatian mereka dan akhirnya turut aktif mendukung paslon nomor 02," kata Faizin. 

GenYZita memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari organisasi keagamaan, mahasiswa, bahkan para ibu-ibu muda. Kelompok relawan perempuan ini menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi politik jelang Pemilu 2024 ini. 

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Berdirinya GenYZ (kelompok relawan laki-laki) dan GenYZta (perempuan) tidak lepas dari inisiasi wakil tim kampanye nasional Prabowo-Gibran, Prof. Dr. Fauzan, M.Pd. Usai dari Malang deklarasi yang melibatkan GenYZ dan GenYZta akan terus dilakuakn di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Kelompok ini lebih memilih kampanya dengan menyebarkan pendidikan politik agar tidak terbawa situasi politik yang mulai memanas. Salah satu yang dilakukan dengan menyerukan politik yang menyenangkan, menjaga kesantunan, serta menjaga Bhinneka Tunggal Ika. Mereka ingin menghilangkan kesan bahwa pesta demokrasi harus saling membenci antara satu dengan yang lainnya.

“Tentu, lahirnya GenYZta menjadi kabar gembira serta bukti bahwa perempuan juga harus memiliki peran dalam dukungan di dunia politik,” ujar Faizin. 

Salah satu relawan GenYZta Nia mengungkapkan alasan mendukung Prabowo-Gibran karena senang dengan salah satu programnya yakni pembagian susu dan makan siang di sekolah dan pesantren. Menurutnya, hal itu bisa menurunkan angka stunting dan juga berdampak pada rumah tangga.

“Sebagai ibu rumah tangga, saya tentu ingin anak saya bebas dari stunting dan bisa mendapatkan gizi yang baik," tutur Nia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya