Cek Fakta: Anies Resmi Umumkan Gatot Nurmantyo Cawapres untuk Lawan Ganjar Pranowo

Jepretan layar (secreenshot) sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Gajah Mada TV”, pada 11 Mei 2023, mengunggah video dengan narasi Anies resmi umumkan Gatot Nurmantyo sebagai Cawapres di Pilpres 2024.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA Fakta – Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Gajah Mada TV”, pada 11 Mei 2023, mengunggah video dengan narasi Anies resmi umumkan Gatot Nurmantyo sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

Mardiono: Kami Tetap Berjuang Cari Keadilan untuk Suara PPP yang Hilang Lewat MK

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Video itu merupakan hasil editan dari beberapa kumpulan video yang tidak ada kaitannya.

Salah satu video identik terdapat pada unggahan akun Youtube milik KOMPASTV dengan judul “Pidato Politik Anies Baswedan di Senayan, Bahas Ketimpangan hingga Lawan Politik”. Selain itu belum ada pemberitaan yang valid terkait siapa yang akan menjadi cawapres Anies Baswedan untuk pemilu presiden pada tahun 2024.

Bikin Posko Mudik di 5 Titik, PKS DKI: Semua Dilayani, Afiliasi Pemilu Kemarin Kita Tak Peduli

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Anies resmi mengumumkan Gatot Nurmantyo sebagai cawapresnya dalam pemilu presiden tahun 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

Lewat Partai Golkar, Bobby Nasution Bakal Maju Pilgub Sumut 2024

Judul dan keterangan pada thumbnail video tidak sesuai dengan isi video. Pada video tersebut tidak diberitakan bahwa Anies resmi umumkan Gatot Nurmantyo sebagai cawapres dalam pemilu presiden 2024.

https://cekfakta.com/focus/12588

Habiburokhman: AMIN Jangan Aragon dan Paksa Pakai Fasilitas TNI

Respons Refly Harun, Gerindra: Dia Sedang Frustasi

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman menyindir balik tim hukum Anies Badwrdan-Muhaimin Iskandar, Refly Harun.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024