Squid Game Cetak Sejarah, Film Bahasa Asing Pertama di Nominasi Emmy

Squid Game.
Sumber :
  • Netflix

VIVA Showbiz – Series Squid Game besutan Netflix yang sempat ramai di dunia, menorehkan sejarah. Squid Game menjadi serial bahasa asing pertama yang berhasil menembus Emmy Awards dan memborong habis banyak nominasi di Emmy 2022.

Film dan Drama Korea yang Akan Tayang di Netflix Sepanjang 2024

Pihak The Academy of Television Arts and Sciences mengumumkan daftar lengkap nominasi Emmy Awards ke-74 pada Selasa, 12 Juli Lalu. Squid Game masuk ke salah satu nominasi paling bergengsi di Emmy yaitu Serial Drama Terbaik bersama dengan Better Call Saul, Euphoria, Ozark, Severance, Stranger Things, Succession, dan Yellowjackets.

Squid Game.

Photo :
  • Netflix
Mantan Presiden AS Barack Obama Kembali Menang Emmy Awards

Mengutip dari Variety, hingga tahun ini, film non-Inggris belum pernah memenangkan — atau bahkan dinominasikan dalam — kategori utama di SAG Awards, Golden Globes, atau Primetime Emmy. Tapi hal itu berubah tahun ini, karena Squid Game telah dinominasikan di SAG Awards untuk penampilan luar biasa oleh ansambel dalam serial drama dan oleh Globes untuk drama terbaik. 

Film ini disutradarai oleh Hwang Dong Hyuk dengan para pemain berbakat seperti Lee Jung Jae yang berperan sebagai Seong Gi Hun, Park Hae Soo yang berperan sebagai Cho Sang Woo dan Ho Yeon Jung yang memerankan Kang Sae Boo.

Lagu Friends Mengiringi Memorial Tributes untuk Matthew Perry di Emmy Awards

Mengutip dari ET Online, Hwang Dong Hyuk berkata bahwa ia dan tim sangat senang dan merasa terhormat "Saya merasa sangat senang dan terhormat bahwa Squid Game menjadi serial non-Inggris pertama yang dinominasikan untuk Emmy Awards. Saya berharap nominasi Emmy Squid Game akan membuka lebih banyak kesempatan bagi seluruh dunia untuk menikmati dan menghargai konten satu sama lain di luar batasan budaya dan bahasa," ungkapnya.

Sutradara Squid Game, Hwang Dong Hyuk

Photo :
  • Time

Selain itu, Hwang Dong Hyuk juga menjadi orang Korea pertama yang mendapatkan nominasi Emmy Awards untuk penyutradaraan dan penulisan, masuk nominasi Penyutradaraan Terbaik untuk Serial Drama dan Penulisan Terbaik untuk Serial Drama.

Selain Serial Drama Terbaik, nominasi juga didapat oleh Lee Jung Jae juga dinominasikan untuk Aktor Utama Terbaik dalam Serial Drama. Park Hae Soo dan O Yeong Su juga masuk nominasi Aktor Pendukung Terbaik dalam Serial Drama. Kemudian Jung Ho Yeon masuk nominasi untuk Aktris Pendukung Terbaik. 

Lee Jung Jae.

Photo :
  • Soompi

Lee Jung Jae merasa sangat bahagia dan tak menyangka bisa mendapat nominasi bergensi. Ia berterima kasih dan mendedikasikan nominasi tersebut untuk penggemarnya. "Saya ingin berbagi kehormatan ini dengan para penggemar Squid Game di seluruh dunia, yang menunjukkan cinta dan dukungan tanpa akhir kepada kami, dan tim Squid Game, yang bekerja sangat keras untuk membuat segalanya menjadi mungkin," kata aktor berusia 49 tahun itu.

Squid Game juga telah dinominasikan tahun ini dalam nominasi Desain Produksi Terbaik untuk Program Kontemporer Narasi (Satu Jam atau Lebih), Sinematografi Terbaik untuk Seri Kamera Tunggal (Satu Jam), Pengeditan Gambar Kamera Tunggal Terbaik untuk Serial Drama, Musik Tema Judul Utama Asli Terbaik, Efek Visual Khusus Terbaik dalam Satu Episode, dan Penampilan Stunt Terbaik. Total, sebanyak 14 nominasi disabet keseluruhan oleh Squid Game. 

Pemain Squid Game

Photo :
  • Soompi

Squid Game menjadi series yang sangat viral dan terkenal di dunia pada perilisannya di tahun 2021. Series ini bercerita mengenai sebuah permainan bernama Squid Game yang dalam permainannya setiap orang yang gugur akan mati dan pemenang akan mendapat hadiah utama berupa uang yang banyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya