Termahal yang Pernah Dijual, Gaun Mendiang Putri Diana Terjual Rp17 Miliar

Gaun Putri Diana yang dilelang
Sumber :
  • Hurriyet Daily News

VIVA Showbiz – Gaun yang pernah dikenakan mendiang Putri Diana, Putri Wales pada tahun 1985 telah terjual dilelang dengan harga 11 kali lipat dari perkiraan harga. 

Penuhi Keinginan Babe Cabita, Istri lelang Vespa Demi Bangun Pesantren dan Masjid

Gaun malam beludru hitam dengan bentuk balerina itu dijual oleh Julien's Auctions di Hollywood dengan total harga $1.148.080 atau Rp17 Miliar, menurut laporan BBC, Rabu, 20 Desember 2023. 

Gaun tersebut telah memecahkan rekor fesyen baru sebagai gaun termahal yang dikenakan Diana dan dijual dilelang. Gaun tersebut, yang dilengkapi dengan ilustrasi yang serasi, awalnya diperkirakan hanya terjual seharga $100.000 atau Rp155 juta. 

Kejari Jaksel Blak-blakan soal Nasib Rubicon Mario Dandy Pasca Gak Laku Dilelang

Gaun Putri Diana yang dilelang

Photo :
  • BBC.co.uk

Diana pertama kali mengenakan gaun itu di Florence, Italia pada tahun 1985 saat makan malam saat melakukan tur kerajaan bersama suaminya Charles, Pangeran Wales, dan sekali lagi ke Orkestra Simfoni Vancouver pada tahun 1986. 

Jeep Rubicon Mario Dandy Bakal Dilelang Lebih Murah Usai Tak Laku, Berapa Harga Bekasnya?

Barang koleksi ini dibuat dari kain yang dipilih oleh pedagang tekstil terkenal dunia Jakob Schlaepfer dan menampilkan motif bintang bersulam metalik yang dijalin dengan cermat oleh tim desain di Jacques Azagury. 

Rok balerina dianggap sebagai bentuk dukungan Diana terhadap Balet Nasional Inggris dan kecintaannya pada menari.

Sebelumnya, gaun termahal yang dikenakan Diana dan dijual di lelang adalah gaun beludru tahun 1991 karya Victor Edelstein yang dijual seharga $604.800 pada bulan Januari. Itu berarti gaun Jacques Azagury milik Diana hampir menggandakan jarak antara peringkat pertama dan kedua. 

Diana mengenakan beberapa karya perancang busana Maroko-Inggris itu selama dia masih berada di keluarga kerajaan.

Barang lain yang dijual di lelang TCM Present: Hollywood Legends termasuk blus yang dikenakan Diana untuk potret pertunangannya pada tahun 1981.

Gaun Putri Diana yang dilelang

Photo :
  • Hurriyet Daily News

Blus krep merah muda memiliki kerah seperti ruff dan lipatan longgar di bagian depan dan diabadikan dalam film oleh fotografer kerajaan Lord Snowdon. Itu terjual seharga $381.000, hampir empat kali lipat dari perkiraan awal $80.000. 

Pakaian-pakaian para bintang Hollywood yang juga akan dilelang antara lain gaun Givechy yang dikenakan oleh Audrey Hepburn dalam film komedi Charade tahun 1963, gaun tanpa lengan yang dikenakan oleh Gloria Swanson dalam film noir Sunset Boulevard tahun 1950, dan gaun pelaut Barbra Streisand dari film spesial tahun 1960-an berjudul My Name Is Barbra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya