Ciptakan Film Indonesia yang Kuat, AKATARA 2018 Kembali Diadakan

Film Dilan 1990
Sumber :
  • Instagram Falcon

VIVA – Mendorong investasi perfilman yang positif merupakan salah satu upaya menciptakan perfilman nasional yang kuat. Badan Ekonomi Kreatif didukung oleh Badan Perfilman Indonesia ikut memperkuat subsektor perfilman ini melalui perhelatan Indonesia Film Financing Forum, atau yang biasa dikenal dengan AKATARA.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

AKATARA tahun ini menjadi tahun keduanya diadakan sejak 2017 lalu. Di tahun kedua ini, AKATARA 2018 berlangsung selama tiga hari, 18-20 September 2018  di Jakarta Theater XXI, Sarinah, Jakarta Pusat.

Tak hanya itu, pada pelaksanaannya ditahun kedua, AKATARA 2018 mengalami peningkatan luar biasa. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya menerima proposal produksi film, AKATARA juga menerima proposal non produksi untuk mendorong kewirausahaan perfilman lebih berkembang.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

Selain jumlah karya yang bertambah, AKATARA 2018 juga diminati oleh investor nasional dan mancanegara. Para investor berasa dari bidang media dan entertainment, brand manager dan directors, filantrofi, local buyer, pemerintah pusat dan daerah. Beberapa nama besar dari investor internasional antara lain Tarino Film Lab, Ideosource, Iflix, SAAVA Internasional co-production, Asian Animation Summit dan VIDDSEE.

“Bekraf mendorong penciptaan iklim investasi perfilman yang positif. Kami yakin industri film dapat memberikan multiplier effect kepada subsektor perekonomian lainnya di Tanah Air,” tutur Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Sebagai acara puncak, AKATARA 2018 akan mengumumkan hasil dukungan terhadap proyek terpilih dari total 55 karya film yang sudah melakukan pitching forum dan speed dating.

Bentuk dukungan ini merupakan komitmen awal investor untuk proyek film terpilih agar diproduksi sesuai kesepakatan yang diputuskan kedua belah pihak, yakni Investor dan pembuat film.

Di sisi lain, AKATARA 2018 juga memutar dua film Tanah Air, Marlina Si Pembunuh dalam 4 Babak, dan Satu Jiwa untuk Indonesia: Darah Biru Arema, dalam penyelenggaraannya selama dua hari.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya