Beredar Kutipan Atas Nama Dilan, Pidi Baiq: Adminnya Pasti Ngarang

Iqbaal Ramadhan dalam film Dilan 1990.
Sumber :
  • Falcon Pictures

VIVA – Film Dilan 1990 yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla begitu membekas di hati banyak orang. Film yang diadaptasi dari novel karangan Pidi Baiq berjudul sama itu pun akan segera dibuat sekuel.

Verona Films Siap Meriahkan Bioskop Indonesia dengan Produksi 5 Film

Menyusul kesuksesan film dan novelnya, ternyata banyak pihak tidak bertanggung jawab yang sembarangan menggunakan nama Dilan. Ya, karakter Dilan memang dikenal banyak akal dan selalu mengeluarkan kalimat-kalimat romantis yang bikin kaum hawa senyum-senyum sendiri.

Lewat akun Instagramnya pada Selasa, 25 September 2018, Pidi Baiq angkat suara terkait unggahan akun Instagram Coretan Films yang memuat kesalahan kata-kata dari Dilan 1990.

5 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Agak Laen Geser Warkop DKI Reborn

“Cuma kamu takkan terganti. Aku pergi untuk kembali, memperbaiki diri sehingga pantas untukmu. Tunggu aku, Lia. Jodoh ga akan kemana, Lia. Semoga kamu denger,” demikian tulisan yang mencantumkan nama Dilan 1990 termasuk foto Iqbaal Ramadhan tersebut.

Menurut Pidi Baiq, Dilan tidak pernah mengatakan hal seperti itu, baik di dunia nyata, buku, maupun film.

Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Siap Digarap, Muhammad Adhiyat Jadi Pemeran Dilan Kecil

“Ini mah bukan kata-kata Dilan. Otak Dilan sepertinya tidak akan sampai berfikir hal seperti itu untuk dia ucapkan ke Lia. Gaya bahasanya juga bukan Dilan. Ini adminnya sudah pasti dia ngarang,” ucap Pidi dalam keterangan foto itu.

Walau tidak mempermasalahkan, Pidi Baiq merasa perlu mengklarifikasi kesalahan itu agar konsep Dilan tidak terganggu. 

“Terpaksa harus saya sampaikan karena ini prinsip bagi konsep diri Dilan terutama hubungannya dengan Lia. Juga demi untuk kebaikan kita bersama tentu saja,” ujarnya sambil mencantumkan akun Instagram sutradara film Dilan 1990, Fajar Bustomi. 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya