Terungkap, Alasan Iqbaal Ramadhan Tolak Perankan Dilan di Film Ancika 1995

Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995.
Sumber :
  • Instagram

JAKARTA – Film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995, akan segera tayang di seluruh bioskop Indonesia pada tahun 2024 mendatang tepatnya pada 11 Januari. Film yang didaptasi dari novel karya Pidi Baiq itu merupakan sekuel dari tiga film sebelumnya.

Tayang di Hari Kelima, Ini Jumlah Penonton Film Horor Badarawuhi di Desa Penari dan Siksa Kubur

Aktor Arbani Yasiz didapuk memerankan karakter Dilan, sementara Ancika diperankan oleh Zee JKT48. Ya, Iqbaal tidak lagi memainkan karakter Dilan di film Ancika 1995 dan diganti oleh Arbani. Pemilihan Arbani sudah didiskusikan dan dirasa sangat pas memainkan karakter Dilan.

Film Ancika 1995 yang didaptasi dari novel terkenal karya Pidi Baiq

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi
Puncak Hari Film Nasional, Motor Dilan Hingga Kostum Pemain Mejeng di Sarinah

"Soal pemain kenapa dipilih Arbani menggantikan Iqbaal, orang kan tahunya Dilan Iqbaal. Tapi dengan perkembangan kami tim, kreatif, saya dan Pidi Baiq juga. Kenapa Arbani? dari aspek fisik oke, akting oke," kata Budi Ismanto selaku produser saat konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 22 November 2023.

Kemudian, Budi juga mengungkap alasan kenapa tidak menggaet Iqbaal Ramadhan untuk memainkan peran Dilan. Ternyata, Iqbaal sudah ditawari untuk kembali memainkan peran Dilan di film Ancika 1995. Namun, Iqbaal menolak hingga akhirnya diganti oleh Arbani Yasiz. 

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994

"Kemudian kenapa gak Iqbaal? Persoalannya bukan kepada kaminya, pada Iqbaal nya. Kita sudah tawarkan pada Iqbaal, tapi Iqbaal ketika itu beralasan lewat ayah Pidi kalau tidak salah bahwa dia ingin keluar dari karakter Dilan. Akhirnya Iqbaal nya yang menolak untuk bermain lagi di sekuel ini," kata Budi.

Pilihan untuk menggaet Arbani Yasiz ternyata pilihan yang tepat. Budi merasa karakter Dilan sangat pas diperankan oleh Arbani. Benni Setiawan didapuk jadi sutradara dalam film Ancika: Dia yang Bersamaku 1995 ini.

"Tapi pilihan kami ternyata tepat. Kang Benni punya insting sebagai sutradara dia tahu lah bagaimana. Saya juga sebagai produser sudah sejak lama mengincar Arbani untuk memerankan karakter ini. Dan ternyata ketika dicasting memang pas dan ketika di dalam kamera dan di dalam film, emang benar menurut saya inilah Dilan yang sebenarnya," kata Budi.

Selain Arbani dan Zee, film tersebut juga dibintangi oleh Dito Darmawan, Jefan Nathanio, Daffa Wardhana, Putri Ziani, Ratu Rafa, Farandika, Shania Gracia atau Gracia JKT48, dan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya