Film Srimulat: Hidup Memang Komedi, Cerita Para Pemeran Belajar Jadi Orang Jawa

Cast film Srimulat 2: Hidup Memang Komedi
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA Showbiz – Film Srimulat: Hidup Memang Komedi saat ini sedang diputar di bioskop-bioskop Tanah Air. Film yang disutradai Fajar Nugros ini menggandeng sejumlah artis papan atas sebagai pemerannya seperti Dimas Anggara, Teuku Rifnu Wikana hingga Erika Carlina.

Para pemeran film Srimulat: Hidup Memang Komedi berbagi pengalaman tantangan selama proses menjalani syuting jelang pemutaran film di Jogja City Mall, Selasa 21 November 2023.

Bagi para pemeran di film Srimulat: Hidup Memang Komedi ada tantangan dan kendala tersendiri saat memerankan tokoh-tokoh yang ada di Srimulat. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Dibintangi Dimas Anggara, Film Lafran Diputar Buat Rayakan Hari Film Nasional 2024

Salah satunya kendala mereka harus berlatih berbulan-bulan untuk bisa menjiwai sebagai orang Jawa.

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Belajar bahasa Jawa dan menjadi karakter orang Jawa ini tidak lepas karena sosok-sosok yang diperankan adalah grup lawak legendaris dengan anggotanya berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tutup Usia, Ini Permintaan Terakhir Polo: Minta Cepat-cepat Pulang 

Erika Carlina mengaku butuh waktu sekitar tiga bulan baginya untuk menjiwai sebagai peran Djujuk yang merupakan istri dari pendiri Aneka Ria Srimulat, Timbul dengan logat dan gerak gerik khas Jawa-nya.

Erika yang lahir dan besar di Jakarta ini harus membuang kebiasaan cara berkomunikasi gaya metropolitan menjadi model orang Jawa butuh proses yang tidak singkat.

"Jadi pendalaman karakter tantangan luar biasa, proses reading itu sampai tiga bulan. Kami bukan orang Jawa, tetapi kami harus menjiwai karakter ini, jadi harus membuang kebiasaan metropolitan," kata Erika.

"Sehingga saya belajar bagaimana gerak geriknya, bahasa tubuh, cara bicara orang Jawa itu bagaimana dengan lawan bicaranya,” ucap Erika.

Sementara Dimas Anggara yang memerankan Timbul pun merasakan hal yang sama. Akan tetapi ia melakukan riset dengan melihat banyak referensi digital dari sosok Timbul.

Dimas menerangkan selain memakai referensi digital, dirinya juga bertemu langsung dengan pihak keluarga dari Timbul untuk mendapatkan banyak referensi. Lewat riset tersebut, Dimas pun memiliki referensi untuk memerankan sosok Timbul.

“Termasuk kami mendapatkan banyak referensi dari jejak digital, selain itu saya dulu juga pernah menonton Srimulat langsung dulu,” ungkap suami Nadine Chandrawinata ini.

Sementara Teuku Rifnu Wikana yang memerankan Asmuni mengaku bersyukur meski aneka macam tantangan saat memerankan tokoh-tokoh di Srimulat tersebut namun semua pemeran bisa menjalankan proses syuting dengan baik.

Kerja keras semua pihak di film Srimulat: Hidup Memang Komedi mendapatkan respons positif dari para penonton.

“Dari beberapa kota, mereka mengatakan untuk Srimulat Hidup Memang Komedi katanya pecah banget, mereka tertawanya lebih lama dibandingkan yang film pertama,” tutup Teuku.

Film Srimulat: Hidup Memang Komedi merupakan film kedua setelah yang pertama pada 2022 Srimulat: Hil yang Mustahal. Film ini mengisahkan perjalanan grup lawak legendaris itu melakukan hijrah dari Jawa Tengah ke Jakarta.

Dalam perjalanannya, sejumlah anggota Srimulat mengalami gejolak batin dan menghadapi tantangan. Film yang disutradarai oleh Fajar Nugros dan dibintangi oleh deretan artis papan atas.

Mulai dari Juan Bio One sebagai Gepeng, Indah Permatasari sebagai Royani, Elang El Gibran sebagai Basuki, Erika Carlina sebagai Djudjuk, Dimas Anggara sebagai Timbul, Morgan Oey sebagai Paul.

Adapula Zulfa Maharani sebagai Nunung, Ibnu Jamil sebagai Tarsan, Erick Estrada sebagai Tessy, Naimma Aljufri sebagai Ana dan Teuku Rifnu Wikana yang berperan Asmuni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya