Bu Tejo Lagi Geger di Twitter, Ini Sinopsis Film Tilik

Film pendek
Sumber :
  • YouTube Ravacana Films

VIVA – Bu Tejo mendadak jadi trending topic di Twitter, gara-gara sebuah film pendek, berjudul Tilik. Film garapan Ravacana Films bersama dengan Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu sebenarnya sudah diproduksi sejak 2018, silam.

Namun, film Tilik baru diunggah ke YouTube dan tayang perdana pada Senin, 17 Agustus 2020, bertepatan dengan perayaan HUT RI ke-75.

Film Tilik sendiri mengisahkan tentang perjalanan rombongan ibu-ibu yang pergi dengan menaiki sebuah truk untuk menjenguk Bu Lurah. Selama perjalanan, para ibu-ibu itu menggosipkan sosok Dian yang merupakan kembang desa.

Sosok Bu Tejo dalam film pendek berdurasi sekitar 32 menit itu ramai diperbincangkan warganet, lantaran mampu menggambarkan sosok ibu-ibu yang ada dalam kehidupan nyata.

Viral Karena Film Tilik, Siti Fauziah Ungkap Sikap Tak Terduga Orang Padanya

Baca juga: WHO: Lonjakan Baru Kasus Corona Disebabkan OTG di Bawah 50 Tahun

Bu Tejo sendiri memiliki karakter sebagai 'kompor' gosip di antara para ibu-ibu. Hal itu sudah mulai terlihat sejak awal film, ketika mendengar cerita soal Dian yang mengantarkan Bu Lurah, Bu Tejo langsung menjadi inisiator untuk menggosipkan Dian.

Dikutip dari YouTube Ravacana Films, dikisahkan sebagai kembang desa, banyak lelaki yang berusaha mendekati Dian untuk datang melamar. Ibu-ibu itu turut memperdebatkan kira-kira siapa yang bakal mempersunting Dian.

Meski ramai dibicarakan, hebatnya film Tilik tidak menggandeng artis-artis terkenal. Sang sutradara Wahyu Agung Prasetyo, mencoba menggaet sejumlah aktor lokal, seperti Diti Fauziah sebagai Bu Tejo, Brilliana Desy sebagai Yu Ning, Gotrek sebagai Gotrek, dan Stephanus Wahyu Gumilar sebagai polisi.

Hebatnya lagi, film pendek ini sudah pernah menjuarai kategori Film Pendek Terpilih dalam Winner Piala Maya 2018. Selain itu, film ini juga pernah menyabet penghargaan Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival pada 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Film Pendek Viral 'Tilik' Diangkat Jadi Series
Siti Fauziah.

Sinopsis Film Bu Tejo Sowan Jakarta, Universe Baru Tayang Hari Ini

Karakter populer Bu Tejo menghibur para penonton dalam film berjudul Bu Tejo Sowan Jakarta, yang mulai tayang di bioskop hari ini, Kamis, 18 Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024